Airbag Bermasalah, NHTSA Selidiki Toyota Corolla 2008
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 13 April 2011 16:46 WIB
Foto: toyotapedia.org

TEMPO Interaktif, Washington - Lembaga keselamatan jalan raya (NHTSA) Amerika Serikat, Selasa (11/4) mengumumkan akan menyelidiki Toyota Corolla model 2008. Langkah itu ditempuh menyusul laporan sejumlah pemilik kendaraan yang mengaku airbag (kantong udara) mobil itu tak mengembang sempurna kala terjadi kecelakaan.

Pernyataan lembaga itu seperti dilansir detroitnews.com, hari ini (13/4), juga menyebut akan mempelajari sejumlah data kecelakaan guna memastikannya.  "Kantong udara Corolla yang diproduksi pertengahan 2008 tak bisa mengembang sempurna," bunyi pernyataan tersebut.

Akibat masalah itu, penumpang di bagian depan dan pengemudi berpotensi terluka parah saat kecelakaan terjadi. 

Toyota menyambut baik langkah NHTSA. "Perusahaan bekerja sama dengan NHTSA (untuk penyelidikan itu). Namun, hingga kini belum menerima permintaan informasi (yang dibutuhkan lembaga itu)," tutur Brian Lyons, juru bicara Toyota.

Selain menyelidiki Corolla, lembaga itu juga tengah menyelidiki pikap Ford F-150 yang memiliki permasalahan yang sama. Tak kurang dari 269 laporan diterima NHTSA, bahkan 98 di antaranya menyebut telah terjadi korban luka.

Mereka umumnya mengendarai pikap F-150 model 2004 - 2006. Mereka terluka pada gigi dan tangan yang patah, serta luka bakar.

Pada Februari lalu, Ford menyatakan akan menarik 144 ribu unit F-150. Namun, itu hanya sebagian kecil dari 1,3 juta unit pikap jenis itu yang diminta oleh NHTSA untuk ditarik.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi