Audi: New Audi Q3 SUV Paling Irit  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 17 April 2011 14:15 WIB
carscoop.blogspot.com
TEMPO Interaktif, Ingolstadt - Beberapa hari lagi, Audi AG akan meluncurkan generasi terbaru Sport Utility Vehicle (SUV) Audi Q3 di Shanghai Auto Show, 18 – 28 April. Pabrikan ini terus mengalirkan informasi tentang sosok SUV anyar besutannya itu.

Kabar terbaru yang dilansir thegreencarwebsites.co.uk, Ahad (17/4), Audi mengklaim mobil anyar besutannya itu akan menjadi SUV paling irit di pasar mobil global. Hasil uji pabrikan itu menunjukkan konsumsi bahan bakar mobil ini 45, 23 mil per galon atau 19,6 kilometer per liter.

“Ada sejumlah faktor yang menjadikannya irit bahan bakar,” laman itu menulisnya.

Mesin diesel TDI maupun bensin TFSI 2.000 cc yang diusung misalnya, dilengkapi peranti injeksi langsung, turbocharger, peranti start-stop, serta energy recovery system. Semua perangkat itu menjadikan asupan bahan bakar ke ruang bakar mesin lebih efisien.

Namun, yang tak kalah besar peranannya adalah kerangka maupun pelapis bodi mobil yang dirancang aerodinamis dan menggunakan bahan super ringan. Kap mesin hingga knalpot dibuat dari bahan alumunium.

Adapun kerangka mobil dibuat dari bahan baja super ringan. Walhasil, total jenderal bobot Audi Q3 paling gres itu kurang dari 1,4 ton. Bahkan koefisien drag-nya 0,32.

Kendati irit bahan bakar, performa mesin tetap terjaga. Begitu pun responsifitasnya. Hal itu berkat penyaluran tenaga dari mesin ke roda berlangsung sempurna, karena menggunakan peranti transmisi S-Tronic tujuh tingkat percepatan.

Menariknya, SUV ini menggunakan sistem penggerak roda Quatro atau penggerak empat roda permanen.

ARIF ARIANTO 

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi