GM Kembangkan Peranti Baru Penghemat Bahan Bakar
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 18 April 2011 09:57 WIB
General Motors Logo

TEMPO Interaktif, Detroit - Produsen mobil penumpang dan kendaraan komersial asal Amerika Serikat, General Motors (GM), kini tengah mengembangkan teknologi anyar penghemat bahan bakar. Peranti yang belum diberi nama itu menggunakan ultra capasitor dengan basis teknologi Active Energy Recovery Buffer.

Kendati belum seratus persen rampung, namun GM telah berhasil membuktikan keampuhan teknologi itu. Bahkan, prototipe peranti itu telah dipresentasikan di hajatan Society of Automobile Engineers (SAE) World Congress yang berlangsung 12-14 April di Detroit, Amerika Serikat.

"Hasil penelitian menunjukkan, teknologi itu mampu menghemat bahan bakar hingga 1,3 persen dalam satu putaran perjalanan mobil crossover kecil," bunyi pernyataan GM seperti dilansir thegreencarwebsites.co,uk, hari ini (18/4).

GM tidak menjelaskan seberapa jauh jarak yang ditempuh dan kurun waktu proses pengujian mobil crossover tersebut  sehingga bahan bakar lebih hemat 1,3 persen. Pabrikan ini hanya menyebut satu putaran perjalanan di pelataran.

Cara kerja peranti ini sekilas mirip dengan Kinetic Energy Recovery Sistem (KERS). Namun, pengisian energi ke kapasitor bisa secara langsung atau dengan menggunakan converter DC-DC. Selain itu, setelah mengisi kapasitor, generator mengambil alih dan asupan bahan bakar ke ruang bakar mesin dihentikan.

Pada saat itulah asupan bahan bakar akan dihentikan. Sebagai gantinya generator mengambil peran dengan mengisi energi ke kapasitor bank.

"Energi  tersebut digunakan untuk menyuplai berbagai kebutuhan peranti dan aksesori (mobil) dan meringankan beban generator torsi. Walhasil bahan bakar bisa dihemat,"  terang sumber di GM.Namun, proses pengembangan ini masih dalam proses penyempurnaan.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi