Honda Butuh Beberapa Bulan untuk Beroperasi Normal  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 18 April 2011 10:38 WIB
Pabrik Honda Motor. REUTERS/Issei Kato

TEMPO Interaktif, Tokyo - Honda Motor Company (Honda) dalam beberapa bulan mendatang masih kesulitan untuk berproduksi dengan kapasitas normal seperti sebelum gempa dan tsunami melanda wilayah timur laut Jepang. Kelangkaan komponen dan suku cadang masih menjadi kendala utama.

"Masih sangat sulit untuk kembali normal (seperti sebelum bencana) dalam waktu satu dua pekan ini," tutur Ko Katayama, Pengawas Operasional pabrik Honda di Sayama, Prefektur Saitama, sebelah utara Tokyo seperti dilansir Nikkei.com, hari ini (18/4).

Pernyataan Katayama itu memperkuat komentar Takanobu Ito, Presiden Honda. Ito menyebut, butuh beberapa bulan bagi Honda untuk beroperasi secara normal di Jepang seperti sediakala.

Awal pekan lalu, produsen mobil ini mengoperasikan dua pabriknya di Prefektur Sayama dan Mie yang berada di wilayah barat Jepang. Meski beroperasi dengan kapasitas separuh dari kapasitas produksi terpasang, namun langkah itu mampu mengurangi potensi kerugian akibat penutupan pabrik.

Sejak pabrik ditutup sehari setelah gempa dan tsunami melanda, 11 Maret hingga 10 April, Honda gagal memproduksi 58 ribu unit mobil. Jumlah itu setara dengan 6 persen dari total produksi mobil Honda di Jepang sepanjang 2010 lalu yang sebanyak 992.502 unit.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi