Fiat Siapkan Crossover Pesaing VW Golf  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 19 April 2011 16:37 WIB
www.carspics.org
TEMPO Interaktif, Milan - Produsen mobil asal Italia, Fiat, kini tengah menyiapkan generasi terbaru Fiat Bravo sebagai pesaing terkuat mobil sejenis, Volkswagen Golf. Rencananya, mobil ini dipasarkan pada 2013.

Namun, Fiat Bravo generasi terbaru itu mengalami perubahan yang cukup radikal dibanding generasi sebelumnya. Sergio Marchione, Kepala Eksekutif Fiat, mengaku Bravo anyar itu beratap lebih tinggi yang mengadopsi bentuk atap Nissan Qashqai.

“Bravo yang ada saat ini memang diluncurkan bersamaan dengan Nissan Qashqai pada 2007 di Eropa,” laman autoevolution.com, menulisnya, hari ini, 19 April 2011.

Pada tahun pertama setelah peluncuran keduanya membukukan penjualan yang tak jauh berbeda. Namun, pada tahun-tahun berikutnya, penjualan Bravo tertinggal jauh oleh sejawatnya itu.

Data lembaga penelitian dan penyedia data industri otomotif kondang asal Inggris, JATO Dynamics Ltd, menyebut, sepanjang 2010 lalu Qashqai terjual 216.091 unit. Pada saat yang sama, Bravo hanya terjual 44.850 unit.

Kendati demikian, Fiat masih menyimpan optimisme mobil ini bakal laku keras di masa mendatang. Fiat pun melakukan serangkaian ubahan. Satu di antaranya menggunakan desain Qashqai dan menjadi sebuah crossover.

“Crossover Fiat itu bakal diluncurkan pada 2013 di satu negara tertentu,” Autoweek menulis mengutip sumber di Fiat.

Hanya, hingga saat ini belum ada informasi ihwal mesin yang akan disandang pengganti Bravo tersebut. Namun, diperkirakan ada dua varian mesin, yaitu bensin dan diesel. Mesin bensin berkapasitas 1.600 dan 1.800 cc empat silinder dan dilengkapi teknologi Multijet.

Tenaga yang dihasilkan mesin mencapai 125 dan 140 bhp. Bahkan, tipe tertinggi mesin bensin yang dilengkapi turbocharger diperkirakan mampu menghasilkan tenaga 200 bhp.

Adapun mesin diesel diperkirakan berkapasitas 1.300, 1.600, dan 2.000 cc.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi