Ini Dia Skuter Listrik Besutan Volkswagen  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 19 April 2011 20:56 WIB
VW E-Scooter
TEMPO Interaktif, Shanghai - Memanfaatkan kemeriahan hajatan Shanghai Auto Show 2011 yang berlangsung 19 – 28 April, Volkswagen AG (VW) memperkenalkan skuter listrik besutannya, VW E-Scooter. Keunggulan skuter ini adalah bentuknya yang ringkas, bobotnya ringan, dan dilengkapi teknologi canggih.

“Skuter ini bobotnya hanya 20 kilogram (bila baterai tak terpasang) dan didukung oleh sebuah motor listrik 350 watt, serta baterai nikel metal hydride,” bunyi pernyataan VW seperti dilansir autocar.co.uk, hari ini, 19 April 2011.

Berbekal motor listrik itu, VW E-Scooter mampu menempuh jarak 40 kilometer. Selain itu, skuter ini bisa digeber hingga kecepatan 54 kilometer per jam.

“Daya jelajah bisa diperpanjang. Caranya, mengganti baterai nikel dengan baterai ion lithium dan motor listrik berkapasitas 700 watt,” ujar Simon Loasby, Direktur Desain VW Cina.

Menariknya, VW melengkapinya dengan teknologi energy recovery system. Sehingga, kala pengemudi melakukan pengereman, tenaga tidak akan hilang begitu saja tetapi didaur ulang untuk mengisi baterai.

“Walhasil, pengendara tidak perlu khawatir skuter akan kehabisan setrum,” ungkap Loasby seperti dikutip cardesignews.com, hari ini.

Hanya, VW belum memastikan kapan skuter itu dipasarkan. Kendati demikian, pabrikan itu mengisyaratkan untuk menjualnya di Cina pada 2012 nanti. Bila penjualan di Negeri Tirai Bambu terbukti berhasil, skuter itu akan dipasarkan ke berbagai negara.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi