Chrysler Pasarkan Jeep Grand Cherokee SRT 8 Pada Kuartal Tiga  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 20 April 2011 15:20 WIB
egmcartech.com

TEMPO Interaktif, Shanghai - Perhelatan Shanghai Auto Show 2011 yang berlangsung 19-28 April, benar-benar menjadi ajang unjuk pamer dan keunggulan para produsen mobil. Mereka berlomba meluncurkan beragam model anyar yang diimbuhi cap sebagai model terbaik.

Satu di antara mereka adalah Chrysler Group, dari Amerika Serikat. Pabrikan itu meluncurkan generasi terbaru Jeep Grand Cherokee Street and Racing Technology (SRT) 8.

"Mobil ini mulai dipasarkan kuartal tiga tahun ini," bunyi pernyataan Chrysler seperti dikutip laman egmcartech.com, Rabu (20/4).

Pabrikan itu mengklaim produk anyar besutannya itu merupakan Sport Utility Terbaik (SUV) tak hanya di jajaran Jeep Grand Cherokee, tetapi juga UV lain di kelasnya. "Mesin HEMI 6.400 cc V8 yang diusungnya mampu menghasilkan tenaga hingga 465 daya kuda," klaim Mike Manley, Kepala Divisi Jeep, Chrysler Grup.

Adapun torsi yang dihasilkan mesin mencapai 465 lb-ft. Baik tenaga maupun torsi itu lebih besar 45 daya kuda dan 45 lb-ft dibanding yang dihasilkan oleh mesin 6.100 cc HEMI V8 generasi lawas. Tenaga dan torsi itu disalurkan ke roda melalui peranti transmisi otomatis lima tingkat percepatan.

Bermodal tenaga dan torsi itu, Cherokee SRT 8 mampu berakselerasi dari kecepatan 0-100 kilometer per jam hanya dalam tempo 4,8 detik. Adapun kecepatan maksimal, yaitu 248 kpj dicapai hanya dalam rentang waktu 13 detik sesaat setelah pengemudi menginjak pedal dalam-dalam.

Hanya, Chrysler tak memerinci tingkat konsumsi bahan bakar mobil itu. Pabrikan ini hanya menyebut, berkat penggunaan peranti active valve exhaust system generasi terbaru, mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 13 persen.

Sejumlah peranti penunjang keamanan dan kenyamanan dipasang di SUV itu. Peranti itu antara lain, Enhanced Accident Response System (EARS) yang berguna untuk penyelamatan penumpang kala terjadi kecelakaan.

Peranti lainnya adalah Forward Collision Warning (FCW) yang berfungsi untuk memberikan peringatan dini bagi pengemudi bila ada potensi tabrakan. Peranti lainnya adalah Electronic Roll Mitigation yang berguna mencegah risiko fatal kala mobil terguling.

Ihwal harga, Chrysler juga belum bersedia menyebutkan dengan dalih pemasaran baru dilakukan pada kuartal tiga mendatang.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi