BMW 1M Lebih Cepat Ketimbang BMW M3 dan Audi TT RS  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 25 April 2011 19:58 WIB
bmwblog.com
TEMPO Interaktif, Jakarta - Majalah otomotif asal Jerman, Auto Motor Und Sport, pekan lalu melakukan tes drive terhadap beberapa model asal negeri itu di sirkuit balap Hockenheim, Jerman. Model tersebut adalah BMW 1M, Audi TT RS, Audi RS5 Coupe, BMW M3 Coupe, serta Porsche Cayman S.

Hasil yang dipublikasikan majalah itu dan dikutip bmwblog.com, Senin, 25 April 2011, BMW 1 M lebih cepat 1 detik. “BMW 1M mencatatkan kecepatan 1:14,1 menit (1 menit, 14,1 detik), dan BMW M3 Coupe 1:14,2 detik,” majalah itu menulis.

Namun, bila dibanding Audi TT RS, varian BMW 1M itu lebih cepat hampir 1 detik. Model besutan Audi itu mencatatkan kecepatan 1: 15 menit.

Adapun Porsche Cayman S yang menggunakan peranti transmisi manual membukukan kecepatan 1:14,3 menit. “Sedangkan Porsche Cayman dengan transmisi otomatis PDK mencatatkan kecepatan 1:13,9 menit,” tutur Anja Wassertheurer, editor majalah itu yang juga pelaku tes drive tersebut.

BMW 1M yang diluncurkan di Detroit Motor Show 2011, di Amerika Serikat , Januari lalu itu memiliki kemampuan akselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam (kpj) atau dari 0 – 100 kpj hanya dalam tempo 4,7 detik. Akselerasi dari 0 – 200 kpj dicapai dalam waktu 17,2 detik.

Maklum, mesin bensin 3.000 cc twin-turbo enam silinder yang diusungnya diklaim mampu menghasilkan tenaga 340 daya kuda dan torsi maksimum 450 Newton meter.

Semburan tenaga sebesar itu berkat penggunaan teknologi BMW TwinPower Turbo yang dipadu dengan High Precision Injection serta Valvetronic Fully Variable Valuable Management.

Di Indonesia, mobil ini diluncurkan pada 8 Februari 2011. Pada saat itu, meski baru diluncurkan, BMW 1M telah dipesan 30 unit.

Padahal, hingga saat ini PT BMW Indonesia belum menetapkan harganya. "Sampai saat ini (saat peluncuran - red) 30 unit telah dipesan, jadi sudah ada namanya," tutur Helena Abidin, Corporate Communication Director PT BMW Indonesia, saat ditemui.

Helena menyebut, banderol mobil tersebut baru akan ditetapkan setelah mobil tersebut datang di Indonesia dan siap diserahterimakan kepada pembeli. "Jadi, soal harga kami juga masih belum bisa memastikan besarannya," kata dia.

Ramesh Divyanathan, President Director PT BMW Indonesia, mengatakan para pemesan yang telah terdaftar hingga saat peluncuran tersebut akan menerima mobil pada Mei 2011.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi