Konsumsi BBM Honda Skutik Spacy 1:41  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 4 Mei 2011 16:56 WIB
Honda Spacy Helm-in. (ARIF ARIANTO/ TEMPO)

TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Astra Honda Motor (PT AHM) menyatakan, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) skuter otomatik (skutik) Honda Spacy Helm In mencapai 41 kilometer per liter (kpl). Bahkan, bila skutik itu dipacu dengan kecepatan konstan 50 kilometer per jam, maka konsumsi BBM bisa mencapai 60 kpl.

"Sehingga, dengan kapasitas tangki yang mencapai 5 liter dan terisi penuh, motor ini bisa menempuh jarak 200 kilometer sekali isi," tutur Yusuke Hori, President Director PT AHM, saat peluncuran skutik tersebut di Jakarta, Rabu, 4 Mei 2011.

Hori menegaskan, teknologi hemat bahan bakar merupakan bagian terpenting kendaraan bermotor yang terus dikembangkan Honda dalam rangka mewujudkan kendaraan ramah lingkungan. Teknologi tersebut tidak sebatas pada mesin tetapi juga desain dari produk yang bersangkutan. "Spacy dirancang dengan konsep yang lebih aerodinamis," kata dia.

Skutik anyar itu diproduksi dalam dua varian, yaitu varian berpelek jari-jari (spoke wheel) dibanderol Rp 11,75 juta. Varian kedua, berpelek palang (casting wheel) dihargai Rp 12,55 juta. Harga tersebut on the road untuk wilayah Jakarta.

Ihwal harga yang sama seperti skutik Honda BeAT, Hori mengaku tak khawatir kehadiran skutik tersebut bakal mematikan Honda BeAT. Pasalnya, lanjut dia, keduanya memiliki segmen yang berbeda.

"Konsumen BeAT adalah mereka yang mengutamakan bentuk kendaraan kompak dan kelincahan. Adapun Spacy untuk mereka yang mengutamakan fungsi yang serba luas dan lega," terang Hori.

Hal senada juga diungkapkan oleh Johannes Loman, Vice President Director PT AHM. Menurutnya, kehadiran Spacy justru akan memberikan alternatif pilihan yang beragam kepada konsumen.

Pada sisi lain, pasar skutik juga terus bertumbuh. Walhasil, calon pembeli yang berminat pada skutik juga terus bertambah. "Sehingga BeAT akan tetap memimpin di kelasnya. Begitu pun dengan Spacy," tegas dia.

Keunggulan lain yang ditawarkan Spacy adalah fitur helm in. Fitur ini merupakan bagasi di bawah jok dengan kapasitas terbesar di kelasnya sehingga mampu menyimpan barang-barang seukuran helm full face.

Honda Spacy memiliki panjang 1,48 meter, lebar 0,66 meter, dan tinggi 1,09 meter. Sistem pengereman menggunakan cakram hidrolik piston tunggal di roda bagian depan. Adapun roda bagian belakang menggunakan rem tromol.

Mesin 110 cc yang diusungnya menghasilkan tenaga 8,54 PS pada 8.000 rpm dan torsi 8,03 Newton meter pada 6.000 rpm.ARIF ARIANTO

#Sepeda Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi