Ini Mobil Kecil Tercanggih Besutan Fiat
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 6 Mei 2011 11:31 WIB
Fiat TwinAir
TEMPO Interaktif, MilanProdusen mobil asal Italia, Fiat, meluncurkan versi tercanggih dari Fiat 500 yaitu Fiat 500 Twin Air. Mobil mungil bermesin 900 cc dua silinder yang dilengkapi turbocharger itu dibanderol 12.900 Euro atau sekitar Rp 163,72 juta.

“Twin Air juga dilengkapi aksesoris gaya sesuai dengan pesanan. Fiturnya pun diperbarui,”demikian pernyataan Fiat dalam carscoop.com, Jumat, 6 Mei 2011.

Kendati bermesin kecil, mobil ini bertenaga hingga 85 daya kuda dan torsi 145 Newton meter. Bahkan, akselerasi dari 0 – 100 kilometer per jam (kpj) dicapai hanya dalam tempo 11 detik dan mampu melesat hingga 173 kpj.

Tampilan eksterior dan interior pun disesuaikan dengan performa garang mesin. Gagang pintu dan gril dilapis krom. Begitupun dengan ujung knalpot.

Agar aura sporty semakin mencuat, pelek model mobil sport berukuran 15 inci dibalur kelir hitam. Begitu pun dengan atap yang menggunakan warna hitam motif cat piano.

Kesan sporty juga memancar di bagian interior. Jok berbalut kulit berpori besar dengan paduan kain khas model sport terpasang apik di bagian itu.

Mengimbangi tampilan sporty tersebut, Fiat melengkapi Fiat 500 Twin Air dengan sejumlah peranti penunjang keamanan. Peranti Antilock Brake System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), serta tujuh buah katung udara menjadi fitur standar.

“Fitur kenyamanan pun tak kalah canggih. Peranti system audio generasi terbaru yang dilengkapi pemutar cakram padat (CD) dan MP3 melengkapi peranti kenyamanan yang ada,” begitu klaim Fiat.

Meski tampil dengan gaya sporty dan mengusung beberapa fitur elektronik canggih, Fiat menyatakan hatchback besutannya itu irit bahan bakar. Hal itu berkat penggunaan peranti start-stop system.

Peranti itu akan membantu pengemudi mematikan sementara kala mobil berhenti sejenak di depan lampu isyarat lalu lintas atau saat terjebak kemacetan. Peranti start-stop juga membantu mengaktifkan kembali mesin secara otomatis saat pengemudi kembali menginjak pedal gas. Walhasil, konsumsi bahan bakar bisa dihemat.

Dengan sederet keunggulan dan  tampilan sporty itu, Fiat tak segan untuk menggandeng Fernando Alonso untuk mempromosikan mobil ini pekan depan. Penunggang Ferrari di laga balap Formula 1 itu didapuk sebagai bintang iklan Fiat 500 Twin Air.

 

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi