Ford Produksi Pikap F-150 Versi Hybrid
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 8 Mei 2011 10:44 WIB
Ford F-150. Sam VarnHagen/Ford Motor Co.
TEMPO Interaktif, Detroit - Seiring dengan semakin mahal dan langkanya harga bahan bakar minyak dari fosil, mobil berteknologi hybrid semakin banyak dilirik oleh konsumen. Bahkan, mobil yang menggunakan mesin konvensional dan motor listrik itu diyakini bakal menjadi kendaraan utama di masa depan.

Lantaran itulah para produsen berlomba memproduksinya. Tak terkecuali Ford Motor Company (Ford).

Seperti dilansir thegreencarwebsites.co.uk, Ahad, 8 Mei 2011, pabrikan asal Amerika Serikat itu akan memproduksi pikap F-150 berteknologi hybrid. “Pikap terlaris di Amerika itu akan dilengkapi teknologi Quantum's F-Drive hybrid,” bunyi pernyataan Ford.

Menariknya, peranti itu bisa digunakan di saat mobil melaju pada kecepatan 56 – 60 kilometer per jam. Berkat teknologi hybrid itu, dalam sekali isi tangki bahan bakar dan baterai motor listrik, daya jelajah mobil mencapai 640 kilometer.

Tak cuma itu. Tenaga dan torsi yang dihasilkan pun semakin besar. Ford mencatat, pikap hybrid yang bermesin 3.700 V6 itu mampu menghasilkan tenaga hingga 305 daya kuda dan torsi 380 Newton meter.

Bahkan pada saat mobil hanya menggunakan motor listrik saja, akselerasi kecepatan 0 – 100 kilometer per jam (kpj) dicapai hanya dalam tempo 11 detik.

Ford menggandeng perusahaan Quantum Fuel Systems Technologies Worldwide Inc untuk mengembangkan F-150 hybrid tersebut. Pabrikan itu juga memastikan pemasangan motor listrik dan baterai tidak mempengaruhi tingkat ketinggian mobil dari permukaan jalan/lintasan (ground clearance), sehingga aman.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi