Produksi Subaru Tribeca dan Mazda 6 Akan Dihentikan  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 10 Mei 2011 20:13 WIB
Subaru Tribeca (kiri) dan Mazda 6. Foto: subaru.com/mazda.co.uk
TEMPO Interaktif, Detroit - Dua produsen mobil asal Jepang, Fuji Heavy Industries (produsen Subaru) dan mazda Motor Corporation dikabarkan akan menghentikan produksi Subaru Tribeca dan Mazda 6 di Amerika Serikat. Penjualan Subaru Tribeca terus menurun, sementara Mazda mengaku penjualan Mazda6 di negeri itu kurang menguntungkan.

"Subaru telah memutuskan untuk menghentikan penelitian dan pengembangan produksi Tribeca generasi terbaru," bunyi laporan harian bisnis Nikkan Kogyo dalam automotivenews.com, Selasa, 10 Mei 2011.

Mazda akan menghentikan produksi Mazda 6 di pabrik Flat Rock Michigan. Model itu diproduksi bersama Ford Motor Company (Ford).

Pada 2008, versi facelift Mazda 6 itu diluncurkan dengan perkiraan produksi 100 ribu unit saban tahun. Namun, rencana itu pupus ketika krisis keuangan global melanda. Bahkan, sepanjang 2010 lalu produksi Mazda6 hanya 45.168 unit.

Adapun penjualan Sport Utility Vehicle (SUV) Subaru Tribeca hingga April 2011, hanya 910 unit. Hanya, Nikkan Kogyo tidak menyebut mulai kapan Subaru mulai menghentikan produksi SUV tersebut.

Baik Subaru maupun Mazda menolak mengomentari pemberitaan tersebut. Ford, selaku mitra Mazda dalam proses produksi Mazda 6 sebelumnya juga menolak berkomentar ihwal kabar rencana Mazda tersebut.

Namun, sumber lain mengatakan, kemungkinan besar Mazda akan menawarkan model lain pasca penghentian prosesproduksi Mazda 6 tersebut. Kemungkinan besar, kata sang sumber, Mazda akan mengalihkan basis produksi ke Meksiko yang memiliki biaya produksi lebih murah.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi