Inilah Motor Sportbike Bertenaga Terbesar di Dunia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 13 Mei 2011 21:30 WIB
MV Agusta F4 RR. autoblog.com
TEMPO Interaktif, Bologna - Produsen sepeda motor asal Italia, Agusta, meluncurkan model sportbike terbaru MV Agusta F4 RR. Motor bermesin 1.000 cc short stroke itu diklaim sebagai sportbike bertenaga paling besar di dunia.

“Jika tenaga dari BMW S 100 RR yang bertenaga 193 daya kuda (dk) belum cukup untuk mengernyitkan alis Anda, kini para insinyur Agusta memiliki sesuatu (motor) yang istimewa untuk Anda,” tulis laman autoblog.com mengutip pernyataan sumber di pabrikan itu, Jumat, 13 Mei 2011.

Memang, pabrikan itu belum mengkonfirmasi tentang besaran tenaga yang dihasilkan oleh mesin sportbike anyar tersebut. Namun bila dibandingkan dengan model sejenis besutan BMW, berarti tenaga mesin empat silinder itu di atas 200 dk.

Sumber di pabrikan itu mengatakan, semburan tenaga yang dahsyat tersebut berkat beberapa inovasi . Kepala silinder misalnya, menggunakan desain baru. Begitu pun diameter silinder yang dibuat semakin lebar.

Melengkapi perubahan itu, sejumlah katup termasuk katup saluran buang dan saluran masuk yang terbuat dari bahan titanium diameternya diperbesar. Selain itu kecepatan perpindahan posisi gigi di peranti transmisi dipercepat dan halus tanpa entakan.

Guna menunjang kenyamanan para penunggangnya, Agusta melengkapi sportbike tersebut dengan peranti suspense garpu multi adjustable ukuran 43 milimeter (mm) besutan Ohlins di roda depan. Pada roda belakang, menggunakan Ohlins TTX ukuran 36 mm.

“Setang atau setir juga dilengkapi peredam produksi Ohlins,” laman itu menulis.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi