Mazda Luncurkan Mesin 1.300 cc Irit Bahan Bakar  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 18 Mei 2011 14:40 WIB
endlesscar.com
TEMPO Interaktif, Yokohama - Produsen mobil asal Jepang, Mazda Motor, hari ini, 18 Mei 2011, memperkenalkan mesin baru berkapasitas 1.300 cc yang mengadopsi teknologi SkyActive. Berkat teknologi itu, mesin dengan peranti injektor langsung itu selain irit bahan bakar (BBM) juga memiliki kompresi tinggi sehingga lebih bertenaga dibanding mesin lain di kelasnya.

“Rasio kompresi mesin ini mencapai 14,0:1 dan tenaga yang dihasilkan mencapai 83 daya kuda,” bunyi siaran pers Mazda seperti dilansir situs resmi pabrikan itu dan laman thetorquereport.com, Rabu, 18 Mei 2011.

Bahan bakar mesin itu efisien berkat penggunaan peranti i-stop dan transmisi continuously variable transmission (CVT) generasi terbaru. “Dari 10-15 kali pengujian, konsumsi bahan bakar mesin itu diketahui satu liter untuk jarak 30 kilometer,” terang pejabat Mazda.

Semua peranti penunjang performa mesin–termasuk keiritan konsumsi bahan bakar–itu merupakan bagian dari sistem teknologi bernama SkyActive.

Teknologi itu merupakan sistem terkini yang meliputi rancang bangun chassis mobil, bodi yang aerodinamis, hingga beberapa komponen mesin yang memiliki presisi tinggi. Piston, kepala piston, misalnya, menggunakan bahan yang tipis, namun kuat.

Begitu pula dengan injektor bahan bakar yang dirancang ulang dengan menggunakan multikatup. Walhasil, proses pembakaran bahan bakar di mesin berlangsung dengan sempurna.

Mesin anyar tersebut sedianya dipasang di Mazda Demio versi facelift dan saat ini tengah dipamerkan di Automotive Engineering Exposition yang berlangsung 18-21 Mei 2011 di Pacifico Yokohama Convention Center.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi