Kawasaki Luncurkan Supercross KX450F Versi Baru  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 18 Mei 2011 17:09 WIB
motorcycle.com
TEMPO Interaktif, California - Kawasaki Motor telah melakukan penyempurnaan motor supercross Kawasaki KX450F. Perubahan yang dilakukan pabrikan asal Jepang itu meliputi chassis, peranti sistem pembakaran bahan bakar, setang, pijakan kaki, tangki bahan bakar, hingga peranti suspensi.

Seperti dilansir laman motorcycle.com, Rabu, 18 Mei 2011, pernyataan Kawasaki menyebut, KX450F anyar itu kini menggunakan Launch Control Mode. Peranti itu berfungsi untuk memaksimalkan akselerasi ketika memulai bergerak.

“Sistem ini disetel  untuk meningkatkan akselerasi tanpa mengorbankan tenaga pada putaran mesin menengah dan atas,” bunyi pernyataan itu.

Pengoperasian peranti itu juga cukup mudah. Pengendara cukup menekan tombol yang berada di setang bagian kiri pada saat motor melaju dengan posisi gigi satu atau dua. Pada saat posisi gigi tiga maka proses pengapian bahan bakar kembali pada system EFI standar.

Ubahan lainnya di mesin adalah, penggunaan ring piston yang lebih tipis serta permukaam piston yang disempurnakan. Walhasil, gesekan yang ada di mesin benar-benar minim dan respon throttle semakin sempurna.

Kawasaki juga menggunkan tangki bahan bakar yang lebih pendek dan lebih kecil ketimbang tangki generasi sebelumnya. Begitu pun dengan knalpot.

“Header dan pipa header baru yang lebih pendek  60 milimeter dari peranti yang sama yang ada di generasi sebelumnya. Knalpot ini dibalut dengan peredam baru sehingga suaranya 94 disible,” begitu penyataan resmi Kawasaki.

Adapun frame atau chassis kini dibuat lebih ramping namun lebih kuat. Hal ini sangat menunjang pengendara yang melakukan berbagai maneuver di medan off road.

Terlebih, setang kini bisa diatur dengan empat gaya sesuai dengan kebutuhan dan pijakan kaki juga bisa disesuaikan dengan dua pilihan posisi. Walhasil, pengendara tak perlu mengorbankan kenyamanan posisinya di saat memacu motor ini.

Tak lupa, Kawasaki menyempurnaan sistem suspensi baik depan maupun belakang. Garpu Kayaba yang digunakan di roda bagian depan telah mendapatkan sentuhan penyempurnaan.Begitupun lengan ayun di bagian belakang.

Begitu pula dengan peranti transmisi lima tingkat kecepatan yang digunakan motor supercross tersebut.

Kawasaki divisi Amerika Serikat membanderol KX 450F versi penyempurnaan itu US$ 8.399 atau sekitar Rp 72, 2 juta. Rencananya, motor itu akan diperkenalkan di laga balap Red Bud AMA Juni mendatang.

ARIF ARIANTO

#Sepeda Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi