Nissan dan Mitsubishi Sepakat Berkongsi Bikin Mobil Kecil  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 20 Mei 2011 16:25 WIB
Mitsubishi - Nissan
TEMPO Interaktif, Tokyo - Dua produsen mobil asal Jepang, Nissan Motor Company dan Mitsubishi Motors Corporation, hari ini, 20 Mei 2011, meneken perjanjian kerja sama untuk mengembangkan dan memproduksi kendaraan berukuran kecil.

Kongsi itu mulai berlaku efektif 1 Juni mendatang dan masing-masing menyetor modal 50 persen dari total investasi 10 juta yen atau sekitar Rp 1,05 miliar.

“Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari kesepakatan dua pabrikan itu yang diteken pada Desember 2010 lalu,” bunyi pernyataan dua pabrikan itu seperti dilansir Nikkei.com, Jumat, 20 Mei 2011.

Sebelumnya, seperti dilansir theautochannel.com, pertengahan Maret lalu, dua pabrikan itu juga sepakat menunjuk dua orang manajer eksekutif untuk operasional kerja sama tersebut. Mereka bertanggung jawab pada perencanaan dan produksi mobil kecil tersebut.

Junichi Endo yang saat ini menjabat Senior Vice President Nissan akan mengemban jabatan Chief Executive Officer. Adapun Shinichi Kurihara yang merupakan Senior Executive Officer di Mitsubishi Motors dipercaya sebagai Chief Operating Officer.

Kerja sama ini merupakan bagian dari kesepakatan dua pabrikan itu yang diteken pada Desember 2010 lalu. Kesepakatan berisi perluasan kerja sama di antara mereka.

Selain proses produksi, kedua perusahaan itu juga menyepakati sistem distribusi dan pemasaran mobil kecil hasil besutan mereka.

Hanya, hingga kini belum ada informasi ihwal mobil kecil yang bakal mereka produksi berikut spesifikasi teknisnya. Namun, mobil itu difokuskan untuk pasar domestik.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi