Ford Kembangkan Jok Pendeteksi Kesehatan Jantung
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 26 Mei 2011 14:15 WIB
scoop.it
TEMPO Interaktif, Aachen - Setelah mengembangkan peranti pemindai kesehatan pengemudi, kini Ford Motor Company mengembangkan jok yang mampu mendeteksi kesehatan jantung pengemudi. Ford, melalui Ford European Research Centre, menggandeng Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule (RWTH) Aachen University untuk mengembangkan jok tersebut.

Seperti dilansir egmcartech.com, Kamis, 26 Mei 2011, Ford menguji kursi prototipe tersebut untuk digunakan di mobil produknya. “Peranti tersebut akan memberikan peringatan kepada pengemudi bila terdapat indikasi ada permasalahan di jantung mereka,” bunyi pernyataan Ford European Research Centre.

Bahkan, berkat peringatan tersebut pengemudi bisa segera menghubungi petugas medis untuk mendapat bantuan darurat. Walhasil, para pengemudi yang memiliki masalah di jantung mereka terhindar dari risiko yang membahayakan keselamatannya.

Ihwal mekanisme kerja peranti itu, Ford menyebut, peranti itu menggunakan teknologi electrocardiograph (ECG). Sensor peranti itu akan mendeteksi impuls listrik yang dikirim oleh jantung dan mengubahnya menjadi sinyal-sinyal yang dapat dianalisis para ahli medis atau perangkat lunak komputer.

Steffen Leonhardt, professor di RWTH Aachen University, mengusulkan untuk mengintegrasikan peranti itu dengan mobil. “Sebab, mobil merupakan tempat di mana orang menghabiskan waktu lama duduk dalam posisi duduk dengan tenang sehingga menjadi tempat ideal untuk mengukur aktivitas jantung,” kata dia.

Hanya, hingga kini belum ada informasi mulai kapan peranti itu dipasang di mobil Ford. Begitu dengan model apa yang akan dilengkapi peranti tersebut.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi