Tujuh Tahun Produksi Mazda 3 Capai 3 Juta Unit  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 26 Mei 2011 15:39 WIB
Mazda3 Sedan (Dok. Mazda)
TEMPO Interaktif, Hiroshima - Mazda Motor Corporation (Mazda), hari ini, 26 Mei 2011, mengumumkan produksi Mazda 3 – atau di Jepang dinamai Mazda Axela – telah mencapai 3 juta unit sejak diproduksi tujuh tahun lalu. Mobil tersebut telah dipasarkan di 90 negara.

“Mazda 3 yang produksi ke-3 juta diproduksi di pabrik Hofu Plant di Yamaguchi, Jepang,” bunyi pernyataan Mazda seperti dikutip autoevolution.com, Kamis, 26 Mei 2011.

Mazda 3 yang diproduksi pertama kali tujuh tahun 10 bulan lalu itu, pada saat diproduksi menjadi model terkencang yang membukukan penjualan tertinggi di kelasnya. Saat itu mobil ini diproduksi dalam model hatchback lima pintu.

Generasi ketiga atau model 2010 yang juga ditawarkan dalam wujud varian sedan diperkenalkan di Los Angeles Auto Show dan hatchback di gelaran Bologna Auto Show akhior 2008. Keduanya mengalami desain ulang pada 2011 ini.

Hirotaka Kanazawa, eksekutif senior di divisi penelitian dan pengembangan Mazda, menyatakan model ini telah mengalami evolusi yang tetap relevan meski perkembangan dunia otomotif mengalami perubahan yang terus menerus.

“Keunggulan Mazda tiga bertumpu pada tiga elemen, DNA Mazda yang dikenal mumpuni, desain yang menarik, aspek fungsi yang tinggi, performa yang tinggi serta responsif,” kata dia.

Saat ini, selain diproduksi di Hofu, Yamaguchi, Jepang, mobil ini juga diproduksi oleh Changan Ford Mazda Automobile (CFMA) di Nanjing, Cina, serta AutoAlliance Thailand (AAT). “Produk dari ketiga pabrik tersebut dipasarkan ke lebih dari 90 negara,” ujar seorang pejabat di Mazda.ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi