Nissan Juke Masuk Daftar Mobil Paling Aman Versi IIHS  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 27 Mei 2011 20:49 WIB
Nissan Juke. egmcartech.com

TEMPO Interaktif, Jakarta - Crossover baru besutan Nissan Motor Company , Nissan Juke, masuk dalam daftar Top Safety Picks 2011 dalam pengujian yang digelar Insurance Institute for Highway Safety (IIHS). Mobil ini mendapat nilai Good dalam hal kemampuan melindungi pengemudi dan penumpang.

Seperti dilansir egmcartech.com, Jumat, 27 Mei 2011, IIHS menyatakan, Nissan Juke telah menjalani serangkaian uji tabrak dari beberapa arah. “Uji itu meliputi tabrak dari depan, samping, dan belakang,” bunyi pernyataan lembaga itu.

Selain itu, varian anyar di jajaran model Nissan itu juga menjalani tes kekuatan atap dengan simulasi terguling. Pengujian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat keamanan penumpang bila terjadi kecelakaan dan mobil terguling.

Aspek lain yang dinilai oleh lembaga asuransi keselamatan jalan raya di Negeri Abang Sam itu adalah kelengkapan peranti penunjang keselamatan dan keamanan. Peranti electronic stability control (ESC) yang ada di mobil itu menjadi keunggulan yang mendapat nilai tinggi dari penguji.

Terlebih Juke juga dilengkapi kantong udara, peranti pengontrol tingkat tekanan angin ban, serta sensor pencegah tabrakan. “Hasil pengujian itu merupakan refleksi dari komitmen dan inovasi Nissan dalam aspek keamanan produknya,” aku Brian Carolin, Wakil Direktur Pemasaran dan Penjualan Nissan Amerika Utara.

Di Amerika, Juke dibanderol US$ 19 ribu atau sekitar Rp 164 juta. Adapun di Indonesia, PT Nissan Motor Indonesia meluncurkannya pada 1 Juni. “Harga di kisaran Rp 245 – 250 juta,” kata Teddy Irawan, Wakil Direktur Pemasaran PT NMI saat dihubungi.

Dia menegaskan, spesifikasi mesin dan fitur Juke yang dipasarkan di tanah air tak berbeda dengan yang ada di Jepang, Amerika, maupun Eropa. “Fitur yang utama tidak berubah, hanya yang dirasa tidak sesuai dengan kondisi Indonesia saja yang kami tiadakan,” kata dia.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi