Ini Dia Kendaraan Listrik yang Praktis dan Murah
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 9 Juni 2011 19:30 WIB
EDWARD (Electric Diwheel With Active Rotation Damping)

TEMPO Interaktif, Adelaide - Semakin menipisnya cadangan bahan bakar fosil dan dampak polutan hasil pembakaran di mesin kendaraan bermotor, memicu kalangan industri kendaraan menghadirkan mobil listrik. Namun, kendaraan bertenaga setrum pun juga bakal menimbulkan persoalan tersendiri bila keberadaannya tidak praktis dan efisien mengingat jalanan semakin sesak.

Kesangsian tersebut mendapat sebuah jawaban dari kalangan dunia pendidikan. Sejumlah mahasiswa Teknik Mesin Universitas Adelaide, Australia telah mengembangkan kendaraan listrik yang praktis, mudah, dan murah.

“Meskipun terlihat seperti transportasi dari alam fiksi ilmiah, kendaraan operasional itu dapat dikontrol dengan presisi yang sempurna,” bunyi pernyataan tim itu seperti dilansir gizmag.com, Kamis, 9 Juni 2011.

Pengemudi kendaraan itu bisa mengemudi dengan mengikuti putaran roda ke atas ke bawah  tanpa perlu risau atau khawatir terpental. “Karena kendaraan itu mengkombinasikan sistem kontrol swingup dan inversion,” kata jurubicara tim.

Selain itu, kendaraan itu juga dilengkapi perangkat untuk mencegah guncangan saat pengemudi menginjak pedal rem. Peranti yang disebut pencegah gerbilling effect itu juga sekaligus menjaga stabilitas kendaraan.

Pengendalian kendaraan ini juga cukup mudah. Pengemudi cukup mengendalikannya melalui tongkat kemudi. Guna menjamin keamanan dan kenyamanan secara pasti, para perancangnya melengkapinya dengan panel kontrol yang pengoperasiannya cukup dengan layar sentuh.

Kini, kendaraan yang dikembangkan sejak 2009 itu tengah menjalani serangkaian uji pamungkas. Uji di sesi akhir tersebut untuk memastikan aspek keselamatan, kenyamanan, serta kualitas bahan yang digunakan.

Hanya, tim itu belum memberi informasi ihwal rincian tenaga dan torsi yang dihasilkan motor listrik yang diusung kendaraan itu. Begitu pun dengan kapasitas motor listrik beserta baterai penyimpan tenaga.

Tim hanya menyebut, kendaraan itu bisa melaju hingga kecepatan  40 kilometer per jam. Mereka juga menyebut, kendaraan ini selain praktis juga murah.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi