Inilah Motor Lintas Alam Yamaha YZ250F Versi Baru  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 13 Juni 2011 15:49 WIB
supercross.com

TEMPO Interaktif, California - Produsen sepeda motor asal Jepang, Yamaha Motor, tampaknya ingin mendongkrak citra varian sport motocross. Yamaha kini aktif menggelontorkan model anyar bergenre motor olahraga lintas alam tersebut.

Seperti dilansir supercross.com, Senin, 13 Juni 2011, akhir pekan lalu, selain memperkenalkan motor trail Yamaha YZ450F, pabrikan itu juga memperkenalkan varian dengan mesin 250 cc, Yamaha YZ250F.

“Generasi baru YZ250F ini mengalami serangkaian ubahan untuk meningkatkan tenaga,” bunyi pernyataan Yamaha.

Karburator misalnya, kini menggunakan ukuran 39 milimeter (mm) atau lebih besar 2 mm dibanding model 2011 yang berukuran 37 mm. Piston mesin diganti dengan menggunakan bahan yang ringan, namun kuat.

“Seiring perubahan itu, setang piston dan counterbalance mesin juga diganti dengan model baru,” aku pabrikan itu.

Selain itu, Yamaha menggunakan lima buah katup titanium dan menyempurnakan saluran isap dan saluran buang karburator. Walhasil, tenaga puncak yang disemburkan mesin mulai terasa saat putaran mesin berada di 8.000–12.000 rpm.

Tak cuma itu, berkat serangkaian ubahan tersebut, tingkat akselerasi motor juga naik. Hal ini sesuai dengan karakternya sebagai motor lintas alam yang membutuhkan kelincahan dan kecepatan akselerasi untuk menyiasati segala medan.

Guna mengimbangi ubahan tersebut, Yamaha juga merevisi desain motor tersebut. Kerangka motor didesain ulang dengan menggunakan bahan yang ringan, namun kuat.

Tangki dibuat lebih ramping dan lebih rendah sehingga pembagian titik berat ketika pengendara bermanuver lebih merata. Begitu pula dengan peranti suspensi baik depan maupun belakang, serta peredam.

Beberapa komponen dirancang untuk memungkinkan pengendara memiliki perhitungan yang tepat di saat melibas tikungan tajam dan bermanuver di berbagai jenis lintasan.

Tak ketinggalan, Yamaha mengganti knalpot dengan model baru. Saluran gas buang anyar itu memiliki tingkat kebisingan suara 94 desible sehingga sesuai dengan aturan balap internasional.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi