Ini Dia Pikap Tercepat di Dunia
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 27 Juni 2011 21:28 WIB
BMW M3 Pickup. (bmwblog.com)

TEMPO Interaktif, Nurburgring  - Pada gelaran M Festival di sirkuit Nurburgring, Jerman, akhir pekan lalu, Bayerische Motoren Werke (BMW) membuat kejutan. Produsen mobil mewah yang selama ini dikenal dengan produk sedan dan Sport Utilty Vehicle (SUV) mewah itu memamerkan varian pikap, BMW M3.

“Ini merupakan pikap tercepat di dunia,” ujar Kay Segler, mantan bos BMW, seperti dilansir bmwblog.com, Senin, 27 Juni 2007. Dia juga menyebut, pikap itu mampu melesat hingga 300 kilometer per jam lebih. Sebuah angka kecepatan yang jauh diatas rata-rata laju pikap yang ada di dunia saat ini.

Seperti halnya, produk BMW lainnya, pikap tersebut juga telah menjalani serangkaian uji ketangguhan di sirkuit Nurburgring. Hasilnya, seperti yang diklaim Kay Sgler tersebut. Beberapa waktu lalu, laman autocar.co.uk menulis, pikap itu mengusung mesin 4.000 cc V8. Mesin itu diklaim BMW mampu menghasilkan tenaga hingga 414 bhp pada 8.300 rpm dan torsi sebesar 295 lb-ft pada 3.900 rpm. Tenaga itu disalurkan ke roda dengan menggunakan transmisi manual enam tingkat kecepatan.

Sejatinya, desain bodi dan chasis pikap itu sama persis dengan sebuah mnibus, hanya bagian belakang dipangkas sehingga menjadi sebuah pikap. Walhasil, kapasitas bagasi mobil itu begitu lapang, hingga mencapai 450 kilogram.

Hanya, hingga kini BMW belum memberikan kepastian apakah pikap itu akan diproduksi secara massal atau hanya menjadi kendaraan angkut untuk keperluan perusahaan.

ARIF ARIANTO

 

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi