BMW Indonesia Pastikan Tak Ada Penarikan BMW X3
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 6 Juli 2011 18:53 WIB
ANTARA/Eric Ireng

TEMPO Interaktif, Jakarta - PT BMW Indonesia memastikan tidak ada penarikan varian BMW X3 terbaru terkait dengan peranti Electronic Power Steering (EPS) yang bermasalah seperti yang terjadi di Amerika Serikat. Pasalnya, spesifikasi teknis antara BMW X3 yang ditarik di Negeri Abang Sam dengan yang dipasarkan di tanah air berbeda.

"Kami pastikan tidak ada recall (penarikan) BMW X3 di Indonesia," tutur Helena Abidin, Direktur Komunikasi Perusahaan PT BMW Indonesia, saat dihubungi, Rabu, 6 Juli 2011.

Helena mengatakan, perbedaan itu juga dikarenakan perbedaan lokasi perakitan. Model yang dipasarkan di tanah air diproduksi dan diimpor langsung dari Jerman. Model yang dipasarkan di Amerika Serikat dirakit di negara itu.

BMW meluncurkan Varian Sport Utility Vehicle (SUV) BMW X3 terbaru pada 6 April lalu. Ada pun yang ditarik itu merupakan model yang dibuat pada 27 April dan 8 Juni 2011.

Sebelumnya, Lembaga Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) Amerika Serikat mengumumkan Bayerische Motoren Werke (BMW) AG akhir bulan ini akan menarik 50 unit BMW X3 terbaru. Kabarnya, peranti Electronic Power Steering (EPS) mobil itu ditengarai tidak berfungsi maksimal sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Pernyataan NHTSA seperti dilansir thecarconnection.com, Rabu, 6 Juli 2011, BMW melaporkan bahwa sejauh ini tidak ada peristiwa kecelakaan akibat masalah tersebut. Kendati demikian, produsen mobil mewah asal Muenchen, Jerman, itu tetap akan melakukan perbaikan peranti di EPS dan dilakukan mulai akhir bulan ini.

“Penggantian itu tanpa dipungut biaya,” begitu bunyi siaran pers BMW.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi