Mugen Modifikasi Honda Jazz Wagon Jadi Lebih Sporty  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 7 Juli 2011 16:45 WIB
Honda Fit

TEMPO Interaktif, Tokyo - Honda Fit atau di Indonesia disebut dengan Honda Jazz versi Wagon, di Jepang baru diluncurkan pada 16 Juni lalu. Namun, Mugen--anak perusahaan Honda--akan meluncurkan mobil wagon anyar itu dengan versi Sporty. Versi itu akan membidik konsumen berusia muda di perkotaan.

Seperti dilansir carscoop.com, Kamis, 7 Juli 2011, pernyataan resmi dari Mugen menyebut bagian yang paling banyak mendapatkan sentuhan perubahan adalah eksterior. "Tambahan itu termasuk aero kit yang meliputi bumper depan, lampu kabut yang menggunakan Light Emitting Diode (LED)," begitu bunyi pernyataan perusahaan tersebut.

Ubahan lainnya tampak pada gril yang kini menggunakan gril khas Mugen dengan logo 'Hybrid'. Jazz wagon yang dengan lima pintu itu juga ditambahi side skirt, knalpot dengan menggunakan dua buah pipa bergaya sport, filter udara laiknya mobil sport, serta spoiler atap.

Mugen juga mengganti rumah kaca spion dengan perangkat serupa yang berbahan serat karbon. Pada bagian kaki-kaki, perusahaan itu menawarkan pilihan pelek dari bahan alloy berukuran 15 dan 16 inci. "Melengkapi ubahan pada kaki-kaki itu, Mugen juga mengganti peranti pengereman dengan peranti rem berkinerja tinggi," ujar salah satu pejabat di Mugen.

Namun, pada bagian interiornya, perusahaan itu tidak banyak melakukan perubahan. Penggantian hanya dilakukan pada lampu indikator di pintu serta karpet lantai. Karpet tersebut dibuat dengan paduan dua warna kontras seperti yang umum dipakai mobil sport.

Sebelumnya, seperti dilansir Reuters, Honda Motor Company menawarkan Jazz versi wagon atau yang di Jepang disebut Fit Shuttle itu dalam dua varian. Pertama, Fit Shuttle 15X berpenggerak roda depan. Varian ini mengusung mesin bensin 1.500 cc i-VTEC dan dibanderol 1,61 juta yen atau sekitar Rp 162,4 juta.

Varian kedua, Fit Shuttle hybrid. Model ini mengusung mesin konvensional bensin 1.300 cc i-VTEC dan motor listrik Integrated Motor Assist (IMA). Varian ini dibanderol 1,81 juta yen atau sekitar Rp 182,5 juta.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi