Empat Merek Mobil Terlaris di Tanah Air  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 12 Juli 2011 11:59 WIB
REUTERS/Toru Hanai

TEMPO Interaktif, Jakarta - Merek Toyota di Indonesia masih digdaya. Sepanjang paruh pertama tahun ini, merek asal Jepang itu masih menduduki peringkat pertama penjualan ritel dengan angka penjualan 153.385 unit.

Citra merek, jaringan penjualan, dan layanan purnajual yang tersebar luas di seluruh penjuru Tanah Air menjadi pendongkrak penjualan tersebut. “Tingkat brand awareness Toyota masih menempati urutan teratas di benak orang Indonesia. Begitu pula dengan jaringan penjualan dan layanan purna jualnya,” kata salah seorang pengurus Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) saat dihubungi, di Jakarta, Selasa, 12 Juli 2011.

Citra merek dan dukungan layanan tersebut, kata sumber itu, sangat berpengaruh terhadap persepsi kualitas merek. Alhasil, persepsi terhadap jaminan kualitas produk serta nilai jual kembali produk tersebut juga tinggi.

Pengamat otomotif, Suhari Sargo membenarkan. “Tiga hal utama yang menjadi pertimbangan konsumen saat membeli mobil adalah citra merek yang di dalamnya termasuk kualitas produk, layanan purna jual, serta nilai jual kembali,” kata dia.

Toyota masih menempati urutan teratas dalam ketiga hal itu. Meski demikian, dalam hal persepsi, citra merek juga kerap dilandasi subyektivitas seseorang.

Data Gaikindo yang diterima tempointeraktif.com dari salah satu anggota organisasi itu juga menunjukkan sepanjang Januari–Juni, Toyota masih berada di urutan pertama dan kemudian disusul Daihatsu, Mitsubishi, Suzuki, Honda, dan lain-lain.

Berikut empat merek mobil terlaris di Indonesia sepanjang semester pertama 2011:

No. Nama merek  Penjualan

1. Toyota      152.283

2. Daihatsu    69.180

3. Mitsubishi   60.439

4. Suzuki       43.743

Sumber : Gaikindo, penjualan wholesales Januari–Juni 2011.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi