Mobil 'Seken' Toyota dan Ford Terbaik di Amerika  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 17 Juli 2011 06:57 WIB
Lexus RX 350. corporacia.ru

TEMPO Interaktif, California - Saat ini banyak calon pembeli mobil yang melirik mobil bekas. Pasalnya, stok dan kiriman mobil baru ke dealer juga seret beberapa saat setelah gempa dan tsunami melanda Jepang.

Namun, tidak semua mobil bekas dari semua merek mobil diminati oleh konsumen. Hanya beberapa merek yang dinilai memiliki keandalan dan nilai jual kembali yang tinggi saja yang mereka pilih.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh majalah Forbes yang dilansir automarketing.com dan autoevolution.com, Sabtu, 16 Juli 2011, menunjukkan sedikitnya terdapat 14 mobil bekas terbaik di Amerika Serikat. Namun, dari 14 merek itu, Toyota dan Ford menempati urutan teratas.

Daftar tersebut dimaksudkan sebagai panduan bagi para calon pembeli mobil bekas di Negeri Abang Sam. "Daftar 14 mobil bekas terbaik tersebut juga mengacu pada hasil penelitian JD Power Associates tentang keandalan mobil," sebut Jim Gorszelay, penanggung jawab penelitian dalam laporannya di Forbes.com.

Sebelumnya, lembaga konsultan penelitian pemasaran global asal Amerika Serikat itu telah melakukan jajak pendapat terhadap 43.700 pemilik mobil. Mereka adalah pemilik mobil yang telah menggunakan kendaraannya sedikitnya selama tiga tahun.

Para responden ditanyai tentang seberapa sering mobil mereka mengalami masalah sejak mereka beli. Berapa ongkos perawatan dan biaya operasional yang harus mereka belanjakan sejak mobil itu digunakan. Pertanyaan lainnya, berapa nilai jual kembali mobil itu saat mereka menjualnya.

Gorszelay mengatakan, selain nilai jual kembali, aspek lain yang dinilai pada mobil bekas itu adalah tampilan desain dan fitur yang ada. "Terutama dibandingkan dengan gaya desain dan fitur yang disandang oleh mobil sejenis keluaran teranyar," kata dia.

Hasilnya, merek Toyota dan Ford berada di urutan pertama karena empat model besutannya dinilai memiliki keandalan dan nilai jual kembali terbaik. Keempat model Toyota itu adalah Scion xB, Lexus RX350, Toyota Sienna, dan Toyota Tundra.

Adapun empat model Ford adalah Ford Fusion, Mercury Milan dan Lincoln MKZ serta Ford Edge. Sementara di jajaran merek Mazda dan Mercedes Benz hanya ada satu model yang masuk dalam daftar mobil bekas terbaik tersebut.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi