Toyota, Merek Paling Ramah Lingkungan Sedunia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 1 Agustus 2011 07:26 WIB
Seseorang pengunjung sedang menyaksikan siaran televisi tentang Toyota Motor Corp di sebuah toko elektronik Tokyo, Jepang. (REUTERS/Toru Hanai)

TEMPO Interaktif, New York - Merek mobil asal Jepang, Toyota, dinobatkan sebagai merek paling ramah lingkungan sedunia 2011. Predikat itu diberikan setelah sebuah perusahaan analis independen asal Amerika Serikat melakukan survei yang melibatkan 10 ribu responden di berbagai negara.

“Setelah melakukan serangkaian wawancara dengan konsumen di pasar global, Toyota mendapatkan skor dalam hal ramah lingkungan, 64,19 poin,” bunyi pernyataan Interbrand seperti dilansir insideline dan egmcartech.com, Senin, 1 Agustus 2011.

Konsumen yang dilibatkan dalam survei tersebut tersebar di berbagai kota di Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Brasil, dan India. Mereka menilai aspek ramah lingkungan dari merek yang disurvei tidak hanya terbatas pada satu produk yang dihasilkan semata.

Para konsumen yang juga responden survei itu juga melihat proses produksi, manajemen pengelolaan lingkungan oleh perusahaan yang bersangkutan, dan produk yang mereka hasilkan. Khusus Toyota, merek ini dinilai sebagai pelopor pengembangan dan pemasaran kendaraan berteknologi hybrid, dalam hal ini Toyota Prius.

Penelitian yang digelar Interbrand itu melibatkan ribuan merek jenis produk dari berbagai penjuru dunia. Merek tersebut tak hanya produk otomotif. Pada survei kali ini, Toyota berhasil menyisihkan merek 3M dan Siemens, yang tahun lalu berada di posisi nomor wahid dalam jajaran merek paling ramah lingkungan sejagat.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi