Mercedes Hentikan Penggunaan Mesin V12
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 2 Agustus 2011 07:47 WIB
TEMPO/Eko Siswono Toyudho

TEMPO Interaktif, Berlin - Pabrikan mobil asal Jerman, Mercedes Benz, dikabarkan akan menghentikan penggunaan mesin V12. Berkaitan dengan hal itu, produsen mobil tersebut akan menghentikan produksi Mercedes Benz SL 600 pada akhir tahun ini dan Mercedes Benz SL 65AMG pada 2012.

“Salah satu alasan penghentian (penggunaan mesin V12 dan produksi dua varian itu) karena Mercedes tengah menyiapkan All New SL-Class model 2013,” ujar sumber tepercaya di pabrikan itu seperti diwartakan caradvice.com.au, Selasa, 2 Agustus 2011.

Generasi anyar SL-Class itu bakal mengusung mesin berformat V8 dengan kapasitas lebih kecil. Di antara mesin yang akan digunakan adalah 4.700 cc dan 5.500 cc yang dilengkapi twin turbo seperti yang dipakai Mercedes Benz CL-Class saat ini.

Selain itu, mesin berkapasitas lebih kecil dinilai lebih irit bahan bakar. Namun, mesin baru itu dinilai memiliki tenaga yang tak kalah atau minimal setara dengan tenaga yang dihasilkan mesin yang diusung Mercedes Benz SL convertible.

Alasan lain penghentian penggunaan mesin 12 silinder itu karena pemasarannya dikhawatirkan akan saling mematikan varian Mercedes lainnya, yaitu Mercedes Benz SLS coupe. Varian itu ditawarkan dalam dua tipe, yaitu SL65 dan SL 600, keduanya bertenaga 400 kilo watt.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi