Pengikat Tangki Keropos, Ford Tarik 1,1 Juta Pikap  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 2 Agustus 2011 07:53 WIB
autoevolution.com

TEMPO Interaktif, Detroit - Ford Motor Company (Ford) akan menarik 1,1 juta unit pikap besutannya, termasuk pikap terlaris di Amerika Serikat, Ford F-150. Alasan penarikan karena logam pengikat tangki bahan bakar berkarat dan menyebabkan tangki tersebut lepas.

Pernyataan pabrikan itu ditayangkan dalam situs resmi Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat, Senin, 1 Agustus 2011, seperti dilansir automotivenews.com, Selasa, 2 Agustus 2011. “Masalah pada pengikat tangki itu telah menimbulkan tiga kebakaran dan satu orang terluka,” tutur Wesley Sherwood, juru bicara Ford.

Sejatinya, masalah itu telah diselidiki NHTSA sejak tahun lalu di 21 negara bagian di Negeri Abang Sam. Beberapa zat untuk menghilangkan lapisan salju di jalan, pada saat musim dingin, ditengarai menjadi penyebab berkarat dan keroposnya tali pengikat tangki mobil tersebut.

Sherwood menyatakan, para pemilik akan mendapatkan layanan perbaikan peranti yang bermasalah itu pada pertengahan September mendatang. Perbaikan itu tidak dikenakan biaya.

Awal tahun ini, Ford juga telah menarik 1 juta unit pikap F-150 dengan alasan airbag yang bermasalah. Perangkat penunjang keamanan itu tak bisa mengembang sempurna sebagaimana mestinya. Model yang ditarik kala itu adalah Ford F-150 model 2004–2006.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi