Ingin Sewa Mobil untuk Mudik? Cermati Lima Hal Ini  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 4 Agustus 2011 14:38 WIB
ANTARA/Ismar Patrizki

TEMPO Interaktif, Jakarta - Tak terasa, tiga pekan lagi Lebaran tiba. Bagi Anda yang berencana mudik, sudah semestinya saat ini membuat perencanaan. Terlebih tiket kendaraan umum mulai dari bus hingga pesawat saat ini dikabarkan telah ludes dipesan.

Namun tak perlu berkecil hati. Masih ada alternatif sarana transportasi, yaitu menyewa mobil di perusahaan jasa sewa atau rental mobil. Menyewa mobil bisa menjadi pilihan karena ongkosnya jika dihitung bisa sama dengan naik pesawat.

“Keuntungan lainnya, kita bisa leluasa karena mobil sepenuhnya bisa kita kendalikan, ke mana pun dan kapan pun,” ujar Nana Suryana, Manajer Taurus Mobilindo, perusahaan penyewaan mobil, bursa mobil Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Agustus 2011.

Hanya perlu kecermatan dan ketelitian saat menyewa kendaraan tersebut. Pasalnya bila hanya asal mendapatkan mobil, selain berisiko juga menjadikan perjalanan mudik tak nyaman.

Lantas apa saja yang harus Anda lakukan? Berikut ini penjelasan Nana.

1. Tentukan jenis mobil

Pilihlah mobil yang memiliki karakter cocok untuk perjalanan jauh dan mampu melibas berbagai jenis jalan, memiliki kapasitas angkut banyak, serta mudah perawatannya. Selain itu, pastikan mobil yang Anda sewa itu suku cadangnya mudah diperoleh.

“Mobil yang paling pas dan memenuhi kriteria itu adalah jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) karena kapasitas angkut besar dan mampu melibas jalanan apa pun,” kata Nana.

2. Survei harga

Meski Lebaran baru tiga pekan mendatang, saat ini pemesanan mobil di perusahaan rental sudah mulai marak. Alhasil, perusahaan pun juga mengerek harga. Oleh karena itu, lakukan survei kecil-kecilan untuk mengetahui harga pasaran.

Pastikan harga tersebut sesuai dengan jenis, model tahun pembuatan, serta kondisi mobil yang ditawarkan. Pilihlah perusahaan yang menetapkan harga paling rasional, yaitu sesuai dengan kondisi mobil dengan tiga kriteria tersebut.

3. Pelajari perjanjian sewa

Bila Anda telah merasa mantap untuk menetapkan pilihan perusahaan rental dan jenis mobil yang akan disewa, langkah selanjutnya adalah menanyakan perjanjian sewa-menyewa. Pastikan apa saja kewajiban dan hak Anda, begitu pun dengan kewajiban dari perusahaan bila terjadi masalah dengan mobil pada saat kendaraan itu Anda bawa.

Pastikan pula apakah harga tersebut merupakan tarif lepas kunci alias tanpa sopir atau sudah termasuk jasa pengemudi tersebut. Bila belum termasuk dan Anda menginginkan didampingi sopir, tanyakan berapa tarif bersihnya.

4. Pelajari manfaat asuransi yang ditawarkan

Perusahaan penyewaan mobil skala besar pada umumnya menawarkan perlindungan asuransi, baik untuk perlindungan terhadap penyewa maupun mobil yang bersangkutan. Bila Anda memilih perusahaan jenis itu, maka sebaiknya pelajari dengan cermat manfaat dari asuransi yang ditawarkan.

“Maksudnya manfaat adalah jenis perlindungan yang diberikan, berapa nilai pertanggungan, siapa saja yang tertanggung, dan lain-lain,” terang Nana.

5. Pastikan kondisi mobil bagus

Bila semua tahapan tersebut telah Anda lakukan dan Anda merasa oke, langkah selanjutnya adalah memastikan kondisi mobil dalam keadaan bagus. Satu hal yang patut Anda ingat adalah jangan terkecoh dengan tampilan cat yang masih mulus dan tahun pembuatan mobil yang masih baru.

“Sebab yang namanya mobil untuk sewa siapa tahu kondisinya tidak sesuai dengan tahun pembuatan. Karena itu perlu pengecekan secara cermat,” saran Nana.

Lakukan pengecekan mulai dari sistem kelistrikan, mesin, ban, serta kestabilan mobil. Cara paling sederhana adalah dengan menghidupkan mesin. Kemudian aktifkan semua perangkat yang menggunakan sumber tenaga listrik, seperti lampu, air conditioner (AC), power window, sistem audio, dan sebagainya.

Bila lampu meredup berarti ada yang tidak beres dengan sistem kelistrikan. Begitu pun dengan mesin, bila dihidupkan dalam beberapa menit mesinnya tersendat, berarti ada permasalahan.

Pastikan pula kondisi ban. Pastikan ukiran di tapak ban lebih dari 70 persen. Bila Anda belum yakin, lakukan uji jalan. Ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi mesin dan sistem suspensi.

Bila Anda ingin leluasa memilih mobil, sebaiknya segera memesan sekarang. Sebab bila mendekati hari ‘H’ mudik, persediaan mobil terbatas. “Anda pun tidak punya waktu banyak dan leluasa memilih mobil terbaik,” tandas Nana.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi