Audi Siapkan Mesin Irit BBM  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 5 Agustus 2011 14:25 WIB
autoevolution.com

TEMPO Interaktif, Ingolstadt - Menyikapi isu semakin langkanya bahan bakar minyak (BBM) dari fosil serta keinginan konsumen akan mobil yang bertenaga besar namun irit BBM, Audi AG mengembangkan mesin 1.8 liter atau 1.800 cc TFSI empat silinder generasi baru. Rencananya, mesin anyar itu akan dipasang di salah satu varian Audi A5.

Pernyataan resmi Audi seperti dilansir motorauthority.com dan thetorquereport.com, Jumat, 5 Agustus 2011, menyebut mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 170 daya kuda (dk) dan torsi 236 lb ft.

“Tenaga itu meningkat 10 dk dibanding mesin generasi lawas. Mesin ini selain kecil, juga sangat ringan, sehingga irit BBM,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

Hasil pengujian yang dilakukan pabrikan asal Jerman itu menunjukkan konsumsi BBM mesin paling anyar itu mencapai 5,7 liter untuk jarak 100 kilometer (km) atau sekitar 17,38 km per liter. “Artinya, konsumsi bahan bakar rata-rata mesin baru itu 21 persen lebih rendah dari mesin yang ada saat ini,” terang pejabat Audi.

Berbekal tenaga dan torsi tersebut, mobil yang mengusung mesin ini mampu berakselerasi dari kecepatan 0–100 kilometer per jam hanya dalam tempo 7,9 detik. Bahkan, mampu digeber hingga 230 kilometer per jam dengan emisi CO2 tak lebih dari 134 gram per km.

Hanya, Audi belum memberikan kepastian mulai kapan varian Audi A5 yang mengusung mesin 1.800 cc baru itu mulai dipasarkan. Produsen mobil yang bermarkas di Ingolstadt, Jerman, itu hanya mengatakan, pihaknya ingin memenuhi ketentuan standar Euro6 sebelum peraturan itu mulai berlaku efektif pada 2015.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi