Kia Picanto Versi Tiga Pintu Generasi Pertama  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 16 Agustus 2011 08:21 WIB
Kia Picanto tiga pintu. (caradvice.com)

TEMPO Interaktif, London - Produsen mobil asal Korea, Kia Motors, tengah mengelus-elus varian hatchback Kia Picanto sebagai andalan penjualannya di pasar mobil global. Mobil mungil itu digadang-gadang mampu menjadi tulang punggung penjualannya di Eropa pada 2015.

Seperti dilansir caradvice.com, Selasa, 16 Agustus 2011, Kia mematok target penjualan di benua itu mencapai 3,3 juta unit pada tahun tersebut. Hampir separuhnya atau 1,5 juta unit di antaranya diharapkan berasal dari penjualan Kia Picanto. Lantaran itulah Kia Picanto paling anyar yang diluncurkan awal tahun ini, kini dihadirkan dalam versi tiga pintu (dua di samping dan satu di belakang),” tulis laman itu mengutip pernyataan Kia Motor Inggris.

Ini merupakan versi tiga pintu pertama dari Picanto. Pasalnya, sejak diluncurkan pertama kali pada 2004 lalu, semua varian mobil kecil ini selalu menggunakan lima pintu.

Dimensi panjang, lebar, dan tinggi Picanto versi anyar itu tak beda dengan saudaranya yang berpintu lima buah. Namun beberapa ubahan untuk menyesuaikan dengan tampilan tiga pintu dilakukan oleh Kia.

Beberapa ubahan tersebut antara lain lekuk pada bagian bodi kini lebih tajam sehingga memantulkan kesan lebih maskulin. Bumper depan dibuat lebih lebar dan lebih rendah untuk menunjang tampilan lekukan dan garis pada sekujur tubuhnya. Hasilnya, kesan kekar lebih mencuat.

Selaras dengan ubahan itu, gril juga dibuat lebar dan sekelilingnya dihiasi warna perak atau merah. Ubahan juga dilakukan pada bumper belakang yang di bagian tengahnya dibalur kelir hitam.

Agar tampilan sporty lebih sempurna, Kia memasang pelek khusus dengan desain bermotif bunga teratai. Tak lupa sepasang pipa knalpot berlapis krom semakin memperkuat kesan sporty.

Kia memproduksi hanya dalam dua varian bermesin bensin, yaitu Kappa 1.000 cc tiga silinder dan 1.250 cc empat silinder. Varian pertama bertenaga 51 kilowatt (kW) dan torsi 95 Newton meter (Nm). Konsumsi bahan bakarnya 4,2 liter untuk jarak 100 kilometer (km).

Adapun varian kedua bertenaga 63kW dengan torsi 121Nm. Konsumsi bahan bakar varian ini 4,3–5,3 liter untuk jarak 100 km. Kia membanderolnya 7.795 poundsterling atau sekitar Rp 109,6 juta untuk pasar Inggris.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi