Bugatti Galibier, Calon Mobil Tercepat dan Termahal di Dunia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Kamis, 18 Agustus 2011 12:40 WIB
bugatti galibier 16c .newcarwalpappers.com

TEMPO Interaktif, Molsheim - Produsen mobil asal Prancis, Bugatti, selama ini dikenal sebagai penghasil mobil super mewah dengan harga yang super mahal. Setelah salah satu varian besutannya, yaitu Bugatti Veyron Super Sport, terjual 2,1 juta poundsterling atau sekitar Rp 29,35 miliar dan menjadi mobil termahal sejagat, kini Bugatti tengah menyiapkan model baru.

Seperti dilansir egmcartech.com, Kamis, 18 Agustus 2011, Wulfgang Durheimer, Kepala Eksekutif Bugatti, mengatakan mobil yang dinamai Bugatti Galibier itu bakal menjadi mobil tercepat dunia. "Ini (Galibier) akan menjadi limousin tercepat sejagat dan memiliki mesin terbesar dengan 16 silinder," kata dia.

Tak cuma itu. Sumber lain di pabrikan tersebut menyatakan Galibier juga bakal menjadi mobil termahal di dunia. Hanya ia tak menyebut besaran banderol itu dan hanya mengatakan banderol Galibier US$ 1 juta lebih mahal ketimbang Bugatti Veyron Super Sport atau US$ 3,4 juta (sekitar Rp 29,24 miliar).

Harga standar Bugatti Veyron Super Sport adalah US$ 2,4 juta atau sekitar Rp 20,64 miliar. Namun sebuah dealer di Inggris, Tom Hartley, awal pekan ini mengaku telah menjual mobil tersebut dengan banderol 2,1 juta poundsterling atau sekitar Rp 29,35 miliar. Harga itu menjadikannya mobil termahal di planet Bumi saat ini.

Lantas bagaimana dengan kepastian produksi Galibier? Durheimer mengaku saat ini sudah tahap final menuju proses produksi. "Saya tengah mendiskusikannya dengan dewan direksi," ujarnya tanpa menyebut waktu dan hanya mengisyaratkan 2013.

Ihwal performa mesin, Durheimer mengklaim tenaga yang dihasilkan mesin 8.000 cc 16 silinder yang diusung Galibier minimal mencapai 1.000 daya kuda. Yang pasti, kata dia, lebih besar dan mampu melesat lebih cepat ketimbang Veyron Super Sport.

Seperti dilaporkan dailymail.co.uk, Selasa, 16 Agustus, mesin 8.000 cc mobil yang diproduksi di Molsheim itu mampu menyemburkan tenaga hingga 1.200 daya kuda atau 200 daya kuda lebih besar ketimbang generasi sebelumnya. Torsi yang dihasilkan mencapai 1.106 lb ft.

Berkat tenaga dan torsi sebesar itu, mobil tersebut mampu berakselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam (kpj) hanya dalam tempo 2,5 detik. Akselerasi dari 0-200 kpj dicapai dalam waktu 6,7 detik.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi