Sabuk Pengaman Bermasalah, 887 Porsche Ditarik
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Minggu, 21 Agustus 2011 20:50 WIB
Logo Porsche (autoevolution.com)

TEMPO Interaktif, Washington - Produsen mobil mewah asal Jerman, Porsche AG, Jumat, 19 Agustus, mengumumkan akan menarik 887 unit mobil sport besutannya yang tersebar di berbagai belahan dunia. Alasannya, sabuk pengaman mobil yang masuk dalam daftar penarikan itu tak berfungsi sebagaimana mestinya.

Pernyataan resmi Porsche AG seperti dilansir detroitnews.com, Ahad, 21 Agustus menyebut dari jumlah mobil yang ditarik 235 unit di antaranya berada di Amerika Serikat, dan sisanya di berbagai belahan dunia. Mobil yang ditarik merupakan model yang diproduksi 2010 dan 2011 (atau model 2011 dan 2012).

"Mereka adalah Porsche Carrera 911, Porsche 911 GT3, Porsche 911 Speedster, Porsche  911 Targa, Porsche 911 Turbo, Porsche Boxster, serta  Cayman," tutur Hermann-Josef Stappen, juru bicara Porsche.

Namun, kata Stappen, hingga kini tidak ada satu laporan pun yang menyebut telah terjadi kecelakaan atau korban luka maupun meninggal akibat masalah itu. "Masalah itu disebabkan oleh kesalahan di pabrik pemasok peranti sabuk pengaman itu," kata dia.

Kepada Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat, Porsche menyatakan, dari jumlah yang ditarik di Negeri Abang Sam itu, 10 persen di antaranya adalah varian coupe dua pintu. Mereka diproduksi 10 Mei-31 Juni tahun ini.

Laporan Porsche ke lembaga itu menyebut, lubang mounting untuk pelat jangkar sabuk pengaman itu terlalu kecil. Walhasil piringan tidak berputar saat sabuk pengaman itu ditarik untuk digunakan.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi