Demi Pasar Asia, VW Rakit Sedan Passat di Malaysia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 22 Agustus 2011 11:43 WIB
REUTERS/Claro Cortes IV

TEMPO Interaktif, Pahang - Volkswagen (VW) divisi Malaysia bersama mitra lokalnya di negeri itu, DRB-Hicom, mulai November mendatang akan memproduksi tiga varian sedan, yaitu VW Passat, VW Jetta, serta VW Polo. Mobil akan diproduksi di pabrik Pekan yang berlokasi di Pahang untuk dipasarkan di kawasan Asia Tenggara dan negara-negara lainnya.

“Produk pertama (VW Passat) hasil rakitan di pabrik Pekan akan menjajaki respon pasar lokal dan sebagian di antaranya akan diekspor ke negara-negara ASEAN," tutur Datuk Seri Mohd MD Khamil Jamil, anggota parlemen untuk Pekan, seperti dilansir paultan.org, Senin, 22 Agustus 2011.

Rencananya, sedan anyar hasil rakitan negeri jiran itu mulai diluncurkan awal tahun depan. Setelah itu, akan menyusul proses perakitan sedan Jetta dan Polo. Saat ini belum ada kepastian dari VW ihwal mesin yang bakal diusung sedan tersebut. Sekadar informasi, All New Passat yang  saat ini dipasarkan di berbagai belahan dunia mengusung mesin bensin  1.800 cc TSI bertenaga 160 daya kuda.

Mesin empat silinder yang dilengkapi peranti turbocharger ini diklaim lebih irit bahan bakar, yaitu hanya 6,9 liter untuk jarak 100 kilometer. Konsumsi bahan bakar generasi sebelumnya adalah 7,4 liter per kilometer. Emisi CO2 yang dihasilkan pun lebih rendah, yaitu 160 gram per kilometer.

Sedangkan torsi maksimum 250 Newton meter (Nm) dicapai saat putaran mesin berada di kisaran 1.500–4.200 rpm. Passat paling gres itu mampu berakselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam (kpj) hanya dalam tempo 8,5 detik. Selain itu, sedan ini mampu digeber hingga 220 kpj.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi