New BMW M5, Bertenaga Super dan Irit Bahan Bakar  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 22 Agustus 2011 14:34 WIB
BMW M5. autoguide.com
Iklan
Iklan

TEMPO Interaktif, California - Produsen mobil mewah asal Jerman, Bayerische Motoren Werke (BMW) AG, terus menggelontorkan produknya ke pasar global. Tak terkecuali produk khusus besutan divisi tuner miliknya, BMW M.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti dilansir autoguide.com, Senin, 22 Agustus 2011, pabrikan itu sudah menetapkan rencana untuk meluncurkan generasi terbaru sedan BMW M5. Peluncuran akan dilakukan di gelaran Frankfurt Motor Show 2011 yang berlangsung mulai pertengahan September mendatang.

Sedan BMW M5 terbaru ini disebut sebagai sedan pertama yang memiliki kinerja paling menakjubkan. Maklum, mesin 4.400 cc V8 yang diusungnya mampu menyemburkan tenaga hingga 552 daya kuda dengan torsi maksimum 502 lb ft. Torsi sebesar itu dicapai pada putaran mesin 1.500 rpm.

Tenaga itu disalurkan ke roda dengan menggunakan transmisi kopling ganda M5 tujuh tingkat kecepatan. Berkat tenaga itu, mobil ini mampu berakselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam (kpJ) hanya dalam tempo 4,4 detik dengan kecepatan maksimal 304–310 kpj.

Menariknya, meski bertenaga dahsyat dengan kecepatan super, namun mobil ini diklaim lebih irit bahan bakar minyak (BBM) 30 persen ketimbang generasi sebelumnya. Hal itu berkat penggunaan peranti Start-Stop dan Brake Energy Regeneration System (BERS).

Peranti yang pertama akan mematikan mesin kala mobil berhenti sejenak di depan lampu isyarat lalu lintas atau terjebak kemacetan lalu lintas. Adapun BERS berfungsi mendaur ulang tenaga yang lepas kala pengemudi mengerem mobil menjadi tenaga baru.

Walhasil, konsumsi bahan bakar pun lebih sedikit. Hanya, BMW tak memerinci berapa tingkat konsumsi bahan bakar itu dengan alasan akan dirinci saat peluncuran nanti. Kini, sedan itu dipajang di gelaran Pebble Beach Concours d’Eelgance yang berlangsung di West Coast, California, Amerika Serikat.

ARIF ARIANTO

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi