VW Pasarkan Hatchback Terkecil Desember
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Sabtu, 27 Agustus 2011 20:49 WIB
Volkswagen Up! (Dok. VW)

TEMPO Interaktif, Stuttgart - Volkswagen (VW) AG mulai memasarkan hatchback terkecil di jajaran model mobil tanpa ekor VW pada Desember mendatang.  Mobil bernama VW Up dengan panjang 3,54 meter (m), lebar 1,64 m, dan tinggi 1,48 m itu pada tahap awal dipasarkan di Eropa dan setelah itu negara-negara lain di dunia.

"VW Up yang akan ditawarkan dalam tiga versi (sumber tenaga, yaitu mesin bensin, diesel, dan listrik) itu  akan menjadi mobil empat kursi terkecil yang diproduksi VW," ujar sumber di pabrikan itu seperti dilansir detroitnews.com, Sabtu, 27 Agustus 2011.

Hanya, sumber itu tak bersedia memberikan informasi ihwal harga. Ia berdalih, harga akan akan diumumkan pada saat mobil itu diluncurkan untuk pasar di luar Eropa.

Sebelumnya, seperti dilansir autoweek.com, sumber terpercaya di pabrikan asal Stuttgart, Jerman, itu mengatakan mobil itu akan dibanderol murah. "Harganya sangat bersaing dibanding city car lainnya," kata dia.

Cetak biru pabrikan itu menunjukkan mobil ini akan diproduksi dalam versi bermesin konvensional dan bertenaga listrik. Namun pada tahap awal, versi pertama yang mendapat prioritas produksi. Versi listrik bakal menyusul di tahun 2013.

Varian mesin bensin dan diesel mengusung mesin 1.000 cc tiga silinder. Namun mesin itu telah dilengkapi peranti injeksi langsung dan tambahan peranti turbocharger. Ada dua varian mesin yang ditawarkan, pertama bertenaga 60 daya kuda (dk). Varian kedua bertenaga 75 dk.

"Varian pertama dilengkapi fitur Blue Motion yang di dalamnya terdapat peranti start-stop, sehingga irit bahan bakar," ungkap sumber itu.

Namun, hingga kini VW belum memberikan informasi apa pun tentang peranti transmisi. Meski demikian, mobil yang berpenggerak dua roda depan itu diperkirakan menggunakan transmisi manual lima tingkat kecepatan dan otomatis lima tingkat kecepatan.

Satu daya tarik lain yang ditawarkan adalah meski berukuran mungil namun memiliki bagasi berkapasitas besar, yaitu 251 liter. Bahkan, bila kursi bagian dilipat ke depan hingga rata, kapasitas ruang itu menjelma menjadi 951 liter.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi