Yamaha Luncurkan Generasi Baru Motor Sport R15  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 6 September 2011 16:17 WIB
New Yamaha R15 Version 2.0

TEMPO Interaktif, New Delhi - Setelah beberapa fotonya menghiasi dunia maya selama beberapa hari di pertengahan Agustus lalu, Selasa, 6 September 2011, Yamaha Motor di India resmi meluncurkan generasi terbaru motor sport Yamaha R15 atau New R15 Versian 2.0. Produsen motor asal Jepang itu mematok banderol untuk India 97.425 rupee atau sekitar Rp 18,35 juta (kurs 1 rupee = Rp 188,34).

“Generasi anyar Yamaha R15 itu dikembangkan berdasar masukan dari konsumen. Tampilan atau gayanya mengadopsi gaya motor super sport Yamaha R1 dan R6,” demikian bunyi pernyataan Yamaha India seperti dilansir indiancarsbikes.in, Selasa, 6 September 2011.

Tampilan super sport itu terutama terlihat pada jok yang bergaya split. Selain itu, fairing dan sejumlah lekukan pada bodi juga memancarkan kesan sebagai motor super sport. Begitu pun dengan ban yang kini menggunakan jenis bertelapak lebih lebar.

Tampilan lain yang menjadi penanda perubahan adalah knalpot yang kini menggunakan pelapis serat karbon. Lampu belakang juga diubah dengan menggunakan lampu jenis Light Emitting Diode (LED).

Sementara, pelek dari bahan alloy kini menggunakan 5 palang ganda sehingga total palang mencapai 10 buah dan dibalur kelir hitam. “Lengan ayun dari bahan alumunium juga diubah dengan bentuk yang lebih lebar untuk mengakomodir ban yang lebih lebar sehingga kenyamanan tetap terjaga,” klaim Yamaha.

Motor ini mengusung mesin 150cc yang bersilinder dari alumunium. Yamaha menggunakan teknologi Die-casting Aluminum Silicon) (DiASil). Teknologi itu disebut mampu meredam gejolak suhu sehingga temperatur mesin tetap terjaga kendati motor digeber dalam jarak jauh secara terus-menerus.

Mesin itu menghasilkan tenaga hingga 17 PS pada 8.500 rpm dan torsi 15 Newton meter pada 7.500 rpm. Tenaga itu disalurkan ke roda dengan menggunakan transmisi enam tingkat kecepatan.

Meski bertenaga besar dengan kemampuan jelajah jauh, tetapi motor itu diklaim irit bahan bakar. Hasil uji internal Yamaha membuktikan, konsumsi bahan bakar motor sport anyar itu hanya satu liter untuk 40–50 kilometer.

Lantas kapan motor sport anyar itu dipasarkan di Indonesia? "Masih belum masuk dalam rencana. Kalau pun masuk ke Indonesia paling cepat 2013," tutur Eko Prabowo, General Manager Promotion & Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) saat dihubungi sebelumnya.

Menurut Eko, peluncuran produk memutuhkan perencanaan yang matang, baik dalam distribusi produk, suku cadang, serta kesiapan sumberdaya manusia dalam mendukung penyediaan layanan perawatan sehingga layanan purna jual juga bisa berlangsung secara berkesinambungan.

"Oleh karena itu, perlu persiapan matang. Karena kami tidak sekadar jualan, tetapi juga memastikan layanan setelah penjualan," kata dia.

ARIF ARIANTO

#Sepeda Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi