Mobil ini Disebut sebagai Ford Fiesta Versi SUV  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 9 September 2011 10:10 WIB
Ford Fiesta SUV

TEMPO Interaktif, Colorado - Sebuah kabar anyar tentang gebrakan di pasar segmen Sport Utility Vehicle (SUV) kembali terdengar. Kali ini, pabrikan asal Amerika Serikat, Ford Motor Company (Ford) disebut sebagai subyek berita tersebut.

Seperti dilansir caradvice.com.au, Jumat, 9 September 2011, Ford beberapa waktu lalu telah melakukan serangkaian uji SUV anyar. Menariknya, mobil sport serbaguna itu menggunakan basis hatchback Ford Fiesta.

“Tempat pengujian mobil itu adalah wahana uji yang terkenal, yaitu Pikes Peak International Hill Climb (PPIHC),” demikian laman itu menulis.

PPIHC atau yang dijuluki The Race to the Clouds merupakan tempat yang selama ini dikenal sebagai areal pengujian kendaraan bermotor roda empat maupun dua. Maklum, perbukitan yang berada di Colorado, Amerika Serikat, ini memiliki tingkat kemiringan yang curam, terjal, serta berkelok sehingga dinilai mewakili semua karakter jenis lintasan.

Di tempat itulah sejumlah pewarta foto berhasil mengabadikan prosesi pengujian mobil yang disinyalir kuat sebagai SUV Ford yang menggunakan basis Ford Fiesta tersebut. “Dari beberapa foto terlihat Ford telah merombak geometri suspensi Fiesta untuk SUV berukuran kompak itu,” caradvice.com menerangkan.

Seiring dengan hal itu, ban yang digunakan juga berukuran lebih besar dengan telapak yang lebar. Begitu pun dengan pelek yang diperkirakan berukuran 16 inci. Pelek tersebut terlihat menggunakan bahan dari alloy. Hal itu untuk menjaga stabilitas mobil kala melintasi berbagai medan.

Ihwal mesin, beberapa kalangan yang mengetahui persis proses uji tersebut menyatakan SUV itu mengusung mesin 1.600 cc yang dilengkapi teknologi Ecoboost turbocharger. Namun belum ada informasi ihwal tenaga dan torsi yang dihasilkan.

Beberapa sumber memperkirakan mobil SUV anyar itu akan dipasarkan ke berbagai negara. Proses pengenalan ke pasar akan dimulai pada akhir 2012 mendatang.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi