Toyota Kucurkan Rp 3,3 Triliun untuk Pabrik Baru di Indonesia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 9 September 2011 10:20 WIB
AP Photo/Rick Bowmer

TEMPO Interaktif, Jakarta - Produsen mobil terbesar di dunia, Toyota Motor Corporation (Toyota), dikabarkan akan menggelontorkan dana tak kurang dari 30 miliar yen atau sekitar Rp 3,3 triliun untuk membangun pabrik baru di Indonesia. Seiring dengan hal itu, Toyota juga bakal menggandakan kapasitas produksi menjadi 200 ribu unit mobil per tahun.

Laporan Nikkei yang dilansir Reuters, Jumat, 9 September 2011, menyebut proses produksi akan dimulai pada pertengahan 2013 mendatang. “Hal itu untuk memenuhi permintaan produk yang terus bertumbuh di kawasan Asia Tenggara,” demikian bunyi laporan tersebut.

Rencana pembangunan pabrik oleh Toyota itu sejalan dengan kebijakan Toyota yang membatasi proses produksi di Jepang. Pada saat yang bersamaan, pabrikan itu juga terus berupaya melakukan perluasan proses produksi di luar negeri.

Hanya sayang, beberapa pejabat Toyota di Jepang masih enggan menanggapi laporan itu. Lantas, bagaimana dengan Toyota di Indonesia menanggapi laporan tersebut? Ternyata setali tiga uang. “Kami belum mendapatkan informasi, jadi kita tunggu saja kepastiannya,” ujar seorang pejabat di Toyota Indonesia.

Pejabat tersebut juga tidak bersedia berkomentar saat ditanya apakah rencana itu terkait dengan rencana kunjungan bos Toyota, Akio Toyoda, ke Indonesia pada 13 September mendatang. “Apa yang akan disampaikan Pak Toyoda, kami juga belum tahu,” kilahnya.

Namun yang pasti, laporan Nikkei juga menjelaskan pabrik itu akan dibangun di Karawang, tak jauh dari pabrik Toyota yang ada saat ini. Rencananya, Toyota akan memproduksi mobil subkompak dan mobil berbanderol murah di pabrik tersebut.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi