MINI Cooper Ini Hanya Dibuat 200 Unit
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 12 September 2011 20:29 WIB
leftlanenews.com

TEMPO Interaktif, London - Produsen mobil mewah asal Inggris yang kini berada di bawah payung Bayerische Motoren Werke (BMW), MINI, meluncurkan mobil mungil MINI edisi khusus Monte Carlo. Mobil edisi khusus  yang menggunakan basis MINI Coopers S itu terinspirasi oleh keberhasilan MINI Cooper memenangi kejuaraan reli selama tiga kali pada 1960.

Seperti dilansir leftlanenews.com, Senin, 12 September 2011, pernyataan MINI menyebut, tampilan dan performa mesin MINI edisi khusus Monte Carlo itu dibuat persis dengan mobil versi aslinya. "Bodi mobil ini dilapis cat merah dengan kombinasi garis-garis putih seperti mobil versi aslinya," demikian bunyi pernyataan itu.

Begitu pun dengan empat buah lampu tambahan yang terpasang pada kisi-kisi bumper. Memperkuat kesan edisi khusus itu, bagian kabin juga didandani dengan menggunakan aksesoris yang bertema kegiatan reli tersebut.

Lembaran kulit pelapis jok dan lingkar kemudi dijahit menggunakan benang warna merah dan hitam persis seperti versi aslinya. Agar kesan reli itu semakin kuat, semua pernak-pernik yang ada di kabin pun ditempeli logo reli itu.

Bahkan, Rauno Aaltonen, yang mengemudikan MINI versi aslinya saat berlaga di reli Monte Carlo itu diminta untuk menorehkan tanda tangannya di mobil itu. Sedangkan agar kesan eksklusif bertambah kuat, mobil ini hanya diproduksi 200 unit.

Ihwal mesin, MINI mengaku menggunakan mesin MINI Cooper S empat silinder yang bertenaga 184 daya kuda (dk). Namun, pabrikan itu juga menyediakan pilihan bagi mereka yang menginginkan tenaga lebih, yaitu hingga 200 dk.

Begitu pun dengan peranti transmisi, MINI melengkapi edisi khusus itu dengan peranti transmisi manual enam tingkat kecepatan. Namun, bila calon pembeli menginginkan transmisi otomatis, MINI mengaku siap memasangnya.

Namun, yang pasti, semua tipe itu dilengkapi rem beefier serta body kit yang memiliki sifat aerodinamis yang tinggi. Dengan serangkaian keunggulan itu, MINI membanderolnya US$ 49.600 atau sekitar Rp 426 juta (kurs US$ 1 = Rp 8.591,07).

Beberapa varian MINI di Indonesia telah dipasarkan sejak beberapa tahun lalu. Namun, sejak Juli lalu PT BMW Indonesia melalui Nusantara Group secara resmi memasarkannya di tanah air.

Ada tiga varian yang dipasarkan, yaitu MINI Cooper S, MINI Cooper S Convertible dan MINI John Cooper Works. Ketiganya dibanderol pada rentang harga Rp 500-700 juta off the road.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi