Inilah Reinkarnasi Mobil Pantai VW Era 60-an
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 14 September 2011 19:37 WIB
VW Buggy
Iklan
Iklan

TEMPO Interaktif, Frankfurt - Volkswagen (VW) AG memiliki sejarah bagus dengan mobil pantai, saat membuat mobil itu di California, Amerika Serikat, pada 1960. Kala itu, mobil tersebut populer di kalangan penggemar mobil di Negeri Abang Sam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Catatan sejarah itu sepertinya ingin diulang pabrikan asal Jerman itu dengan menghadirkannya kembali. Namun, saat ini VW masih menghadirkannya dalam wujud mobil konsep.

Seperti dilansir egmcartech.com dan caradvice.com, Rabu, 14 September 2011, VW saat ini tengah memajang mobil konsep itu di Frankfurt Motor Show 2011 yang berlangsung 13 - 25 september 2011. "Mobil itu dibangun dengan basis VW Beetle terbaru," laman itu menulis.

VW Up Buggy! Begitulah mobil konsep itu dinamai. Memang, dia memiliki kesamaan arsitektur dengan mobil VW Up - yang juga dibangun dengan basis VW Beetle - yang diluncurkan di gelaran itu.

Atap Up Buggy lebih rendah 20 milimeter (mm) dibanding VW Up. Namun, lebih lebar dan lebih panjang. Sesuai dengan peruntukannya sebagai mobil pantai, interior mobil itu kedap air. "Pasalnya, di lantai terdapat lubang pembuangan air. Begitu pun di sisi pintunya guna mencegah air menggenang," sebut sumber di VW.

Daya tarik lain adalah, bobot yang ringan. Maklum, mobil dua pintu dengan atap terbuka itu bagian bodinya dibuat dari bahan serta karbon, plastik, dan baja ringan.

Kesan gagah memancar dari tampilan bodi yang kekar dengan dua buah roll bar, masing-masing sebuah di sisi kiri dan kanan kursi penumpang. Terlebih VW memasang pelek dari bahan alloy berukuran 18 inci yang dipadukan dengan ban berukuran 205/40.

Hanya, VW tak memerinci ihwal spesifikasi mesin. Beberapa sumber menyebut, mobil yang menggunakan sistem penggerak empat roda itu mengusung mesin yang ramah lingkungan.

Namun, yang pasti, VW belum memberi isyarat apakah mobil itu akan diproduksi secara massal atau tidak.

ARIF ARIANTO

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi