Ini Dia Mobil Kecil Hyundai Seharga Rp 45,8 Juta  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Senin, 26 September 2011 19:40 WIB
indiancarsbikes.in

TEMPO Interaktif, New Delhi - Setelah Juni lalu tertangkap kamera tengah menjalani uji dengan badan yang tertutup selubung, kini sosok asli mobil kecil Hyundai H800 – nama resminya Hyundai Eon – muncul di dunia maya. Bahkan, beberapa sumber yang dikutip situs otomotif di India menyebut mobil itu akan diperkenalkan pada pekan kedua Oktober mendatang.

Seperti dilansir indiancarbikes.in, Senin, 26 September 2011, Hyundai hingga saat ini belum memberi keterangan resmi ihwal mobil anyar besutannya itu. Namun, beberapa sumber yang dikutip Tim Bhpian menyebut, hatchback mungil pengganti Hyundai Santro itu mengusung mesin 814 cc tiga silinder.

“Mesin itu menghasilkan tenaga hingga 60 daya kuda pada 5.500 rpm dan torsi 76,5 Newton meter pada 4.000 rpm,” laman itu menulis.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda dengan menggunakan transmisi manual lima tingkat kecepatan. Peranti itu sebelumnya digunakan Hyundai Santro.

Keunggulan yang ditawarkan mobil itu adalah tingkat konsumsi bahan bakar yang irit. Hal itu berkat penggunaan beberapa teknologi terkini, di antaranya Variable Valve Timing (VVT) injeksi

Sumber di Hyundai menyebut, hasil beberapa kali pengujian – Mei dan Juni – Eon terbukti hanya butuh satu liter untuk menempuh jarak 31,1 kilometer.

Selain itu Hyundai juga disebut-sebut bakal menawarkan harga yang cukup bersaing. Pabrikan asal Korea Selatan itu diperkirakan akan membanderolnya 2,5 – 2,6 lakhs rupee atau sekitar Rp 45,8 – 47,8 juta.

Menariknya, mobil itu kemungkinan besar akan dipasarkan di beberapa negara selain di India. Arvind Saxena, Direktur Penjualan dan Pemasaran Hyundai Motors India Ltd, beberapa waktu lalu menyinggung kemungkinan tersebut. "Ia akan bersaing ketat dengan mobil besutan Suzuki Maruti, yaitu Suzuki Maruti Alto," kata Saxena.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi