Konsumsi BBM Mazda3 Terbaru 1 : 20 Km
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 27 September 2011 16:13 WIB
caradvice.com.au

TEMPO Interaktif, Hiroshima - Sesuai dengan pernyataannya beberapa waktu lalu untuk menghadirkan teknologi yang ramah lingkungan, Mazda Motor Corporation (Mazda) hari ini meluncurkan sedan dan hatchback Mazda Axela atau juga disebut Mazda3. Versi baru yang merupakan generasi kedua mobil Mazda yang mengusung teknologi SkyActive itu diklaim irit bahan bakar.

Teknologi SkyActive itu selain menawarkan kenyamanan juga menjadikan Mazda3 ini sebagai mobil terbaik di kelasnya. “Konsumsi bahan bakarnya (BBM) mencapai 1: 20 kilometer saat dites menggunakan velg ukuran 10-15 inci,” demikian bunyi siaran pers Mazda seperti dilansir disitus resmi perusahaan dan caradvice.com.au, Selasa, 27 September 2011.

Faktanya, mesin bensin 2.000 cc, DOHC, 4-silinder dengan teknologi injeksi langsung yang diusung mobil ini mampu menyemburkan tenaga hingga 154PS pada 6.000 rpm dan torsi 194 Newton meter pada 4.100 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda dengan menggunakan transmisi otomatis enam tingkat kecepatan yang dirancang khusus dengan teknologi SkyDrive.

Mazda menyebut teknologi itu mampu mengurangi tingkat gesekan kala pengemudi melakukan perpindahan gear. “Proses perpindahan berlangsung cepat dan halus tanpa entakan,” klaim Mazda.

Proses tersebut disebut juga memiliki peran penting dalam menghemat konsumsi bahan bakar. Terlebih pabrikan itu juga melengkapi Mazda3 versi anyar itu dengan panduan gaya berkendara yang nyaman dan hemat bahan bakar.

Intelligent-Drive Master (i-DM), begitulah perangkat tersebut dinamai. Melalui teknologi itu Mazda menuntun pengemudi untuk mengendalikan mobil secara bijak hingga tak banyak mengkonsumi bahan bakar, tapi tidak mengurangi kenyamanan berkendara. Menariknya, panduan tersebut ditunjukkan di sebuah layar.

Untuk pasar Jepang, Mazda membanderolnya 1,66-2,67 juta yen atau sekitar Rp 195,5–314 juta (kurs 1 yen = Rp 117,79).

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi