Logo Ferrari Berasal dari Ide Seorang Ibu Rumah Tangga
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 28 September 2011 07:49 WIB
gfmsports.com

TEMPO Interaktif, Milan - Siapa tak kenal Ferrari? Mobil super produksi oleh Ferrari S.p.A, Italia, yang terkenal dengan logo kuda jingkrak itu telah menjadi sebuah simbol kemewahan di sebagian kalangan masyarakat.

Bahkan tak sedikit pula anak-anak muda yang memasang logo tersebut sebagai atribut untuk menunjukkan jati diri mereka sebagai pecinta olahraga balap mobil Formula 1. Maklum, sejak awal–bahkan sebelum perusahaan Ferrari berdiri–Enzo Ferrari, sang pemilik, adalah seorang pembalap.

Namun tahukah Anda bahwa sejatinya ide pemasangan logo kuda jingkrak di mobil super itu berasal dari seorang ibu rumah tangga? Ya, rahasia itulah yang dituturkan oleh Ferrari Enzo.

Seperti dilansir laman etiziano.com dan caradvice.com.au, Rabu, 28 September 2011, Enzo mengisahkan penggunaan logo di mobil yang ia gunakan untuk balapan itu atas saran Countess Paolina. “Dia adalah ibu dari Count Francesco Baracca, seorang pilot pesawat tempur Italia yang juga seorang pahlawan perang dunia pertama,” kedua laman itu menulis mengutip Enzo.

Kisah itu terjadi pada 17 Juni 1923. Kala itu, Ferrari Enzo muda tercatat sebagai seorang pembalap yang namanya tengah moncer. Ia berhasil memenangi laga balap di trek Savio di Ravenna, Italia.

Melihat anak muda yang memiliki semangat tinggi dan menuai keberhasilan, Paolina pun merasa bangga. Lantaran itulah, ibu rumah tangga itu menyarankan agar Enzo memasang logo kuda jingkrak di mobil yang digunakannya untuk berlaga di ajang balap.

“Semoga kemujuran selalu menyertaimu,” begitulah kata yang terucap dari bibir Paolina kepada Enzo.

Saran itu bukan tanpa alasan. Sebelumnya, gambar kuda jingkrak dengan latar belakang warna kuning dipasang oleh Count Francesco Baracca di pesawat tempur yang dikendalikannya untuk menggempur pesawat musuh.

Sejarah juga membuktikan bahwa Baracca juga selalu gemilang saat melakukan tugasnya. Dia juga dikenal sebagai pilot Angkatan Udara Italia yang legendaris. Tak banyak berpikir, Ferrari Enzo pun menuruti saran Paolina. Ia memasang logo berupa perisai persegi bergambar kuda jingkrak dengan latar belakang warna kuning di mobil yang ditungganginya saat berlaga di ajang balap.

Bahkan pada saat Enzo mendirikan perusahaan Ferrari S.p.A sebagai produsen mobil sport di Maranello, Italia, pada 1929, logo itu dijadikan logo resmi perusahaan. Perisai persegi Ferrari itu muncul untuk pertama kalinya pada tahun 1932 di mobil yang digunakan tim balap Alfa Romeo Scuderia di ajang Spa Grand Prix di Belgia.

Sejak itulah, logo itu muncul--di sebagian besar tidak berubah--pada setiap model Ferrari. Namun saat Ferrari meluncurkan Ferrari 125S, logo itu sedikit mengalami perubahan. Bila sebelumnya di bagian atas terdapat bendera Italia saat itu dihilangkan. Begitupun tulisan Ferrari diganti huruf S (Scuderia) dan F (Ferrari).

Sejak itulah, logo itu digunakan dan nama Ferrari sebagai pembuat mobil super pun seolah mencorong hingga saat ini.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi