Ini Dia Mobil Polisi Tercepat
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 28 September 2011 21:06 WIB
Mobil polisi tercepat. (INAUTONEWS)

TEMPO Interaktif, Michigan - Cepat, kuat, tangguh, dan dilengkapi teknologi canggih. Begitulah idealnya sebuah mobil yang digunakan oleh polisi. Maklum, sebagai aparat penegak hukum, mereka juga harus bertindak cepat dan sigap saat menangani permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Itulah yang disadari produsen mobil asal Amerika Serikat Dodge - anak perusahaan Chrysler Group LLC - yang sejak beberapa waktu lalu berniat memproduksi mobil untuk polisi. Hasilnya, Dodge Charger Pursuit.

Seperti dilansir inautonews.com, Rabu, 28 September 2011, pernyataan resmi Dodge menyebut mobil yang juga mendapatkan sentuhan modifikasi dari divisi tuner Dodge, Mopar, itu terbukti sangat cepat. Hasil pengujian Dodge di sirkuit Grattan Raceway di Belding, Michigan, mobil itu mampu mengitari satu putaran sirkuit hanya dalam tempo 1 menit, 33 detik, 70 sekon.

"Waktu tersebut merupakan yang tercepat dalam sebuah pengujian kendaraan kepolisian Michigan State yang pernah digelar," tutur Petrus Grady, Wakil Direktur Pengembangan Kendaraan dan Jaringan Chrysler Group LLC.

Pabrikan itu mengembangkan dari varian. Pertama, bermesin V6 Pentastar 3.600cc yang bertenaga 292 daya kuda (dk). Kedua bermesin V8 HEMI 5.700 dengan tenaga 370 dk.

"Varian kedua ini memiliki kombinasi percepatan, pengereman, pengendalian serta dinamika yang mumpuni," kata Grady.

Mobil itu diklaim mampu melesat hingga 243 kilometer per jam (kpj). Bahkan, akselerasi dari 0 - 100 kpj dicapai dalam tempo 5,83 detik, 0 - 120 kpj dalam waktu 7,38 detik, 0 - 130 kpj 9,18 detik, 0 - 150 kpj 11,43 detik, 0 - 170 kpj 13,65 detik.

Sentuhan Mopar lainnya yang cukup kentara adalah lampu Light Emitting Diode (LED) di gril dan atap, lampu sudut bagian depan dan belakang mobil, kamera, modem, radar, sirene berkekuatan 100 watt, serta sistem kelistrikan yang telah disempurnakan.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi