Kawasaki Indonesia Siapkan Generasi Baru Ninja 150RR  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Jumat, 30 September 2011 16:23 WIB
Kawasaki Ninja 150 RR. Foto: motorkawasaki.com

TEMPO Interaktif, Jakarta - Setelah Honda Indonesia meluncurkan motor sport Honda CBR 150R pada akhir Juni lalu, kini PT Kawasaki Motor Indonesia (PT KMI) mengelus-elus varian serupa, yaitu generasi terbaru Kawasaki Ninja 150RR. Rencananya motor itu akan diluncurkan pada semester pertama 2012.

“Ya kami memang ada rencana itu (meluncurkan generasi baru Ninja 159RR) pada tahun depan. Tapi soal waktu belum bisa kami sebutkan. Yang pasti semakin cepat semakin baik,” ujar Freddyanto Basuki, Manajer Penjualan Nasional dan Riset PT KMI, saat dihubungi di Jakarta, Jumat, 30 September 2011.

Hanya, Freddy masih enggan mengungkapkan perincian spesifikasi motor tersebut. Dia hanya menyebut mesin yang digunakan 150 cc empat tak untuk menggantikan mesin generasi lawas yang masih dua tak.

Meski demikian, soal harga, Freddy menyebut motor sport itu akan dibanderol pada kisaran Rp 33 juta. Namun Freddy mengaku motor ini bukan untuk menyaingi motor sejenis dari merek lain. "Sebab Kawasaki memiliki karakter khas untuk motor sport produksinya, dan itu tidak bisa dibandingkan dengan yang lain,” tuturnya saat disinggung kemungkinan motor itu akan bersaing dengan Honda CBR 150R.

Sementara sumber lain di PT KMI mengungkapkan mesin baru yang diusung Ninja 150 RR generasi anyar itu diperkirakan mampu menyemburkan tenaga hingga 31 daya kuda pada 10.000-10.500 rpm. “Otomatis torsi juga jauh lebih besar,” kata dia.

Semburan tenaga yang besar itu diikuti tingkat konsumsi bahan bakar (BBM) yang irit. Pasalnya, kata sumber itu, motor sport baru di trah Ninja itu menggunakan teknologi khas Kawasaki, yaitu Kawasaki Integrated Powervalve System (KIPS).

Teknologi itu diikuti dengan penggunaan silinder blok mesin baru yang bernama Super Electrofussion Cylinder dengan piston yang terbuat dari bahan ringan tapi kuat. Walhasil, lanjut dia, tingkat gesekan di mesin sangat minim dan proses pembakaran berlangsung lebih sempurna serta irit BBM.

Sementara saat disinggung rencana kehadiran Kawasaki Ninja 250R dengan sistem pengabutan BBM melalui injektor, Freddy tak menampiknya. Namun, meski ada rencana, dia menegaskan belum bisa memastikan kapan Ninja 250R versi itu diluncurkan.

“Yang pasti keberadaan Ninja 250R dengan sistem injeksi itu untuk memenuhi ketentuan Euro 3 di Indonesia,” ujar dia.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi