Ini Dia Kendaraan Lapis Baja Irit BBM  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 12 Oktober 2011 08:15 WIB
FED ALHPA (caradvice.com)

TEMPO Interaktif, California - Kendaraan lapis baja penunjang tugas militer selama ini identik dengan bobot yang berat dan boros bahan bakar. Namun itu dulu, pasalnya kini ada kendaraan lapis baja yang ringan dan irit bahan bakar (BBM).

Kendaraan besutan Ricardo Ricardo Inc dan Angkatan Darat Amerika Serikat, FED ALPHA (Fuel Efficient Ground Vehicle Demonstrator), misalnya. Seperti dilansir caradvice.com, Rabu, 12 Oktober 2011, kendaraan itu berbobot ringan karena menggunakan komponen dari bahan khusus yang ringan dan menunjang keiritan konsumsi BBM.

"Kerangkanya terbuat dari bahan aluminum Alcoa yang ringan dan kuat. Penggunaan bahan ini untuk memangkas bobot kendaraan itu," demikian bunyi pernyataan Ricardo Ricardo Inc.

Adapun bannya menggunakan ban khusus yang dibuat oleh produsen ban terkenal, Goodyear. Ban tersebut diklaim memiliki tingkat rolling resistance yang rendah sehingga tidak menyebabkan kendaraan yang menggunakannya boros BBM.

Sumber tenaganya berasal dari mesin diesel Cummins empat silinder yang dilengkapi transmisi otomatis enam tingkat kecepatan. Selain itu, agar bisa berhemat BBM, kendaraan itu juga menggunakan motor listrik berkekuatan 20 kilowatt jam dengan magnet Kollmorgen 28 volt.

Hanya, hingga kini perusahaan itu belum memberikan rincian tentang kinerja yang dihasilkan oleh mesin dan motor listrik, termasuk tingkat konsumsi bahan bakar. Alasannya, proses pengembangan kendaraan itu hingga saat ini masih terus berlangsung.

Meski demikian, Robert Ellis, direktur untuk program pengembangan kendaraan militer Ricardo Ricardo Inc, menyebut kinerja kendaraan itu jauh lebih baik dibanding kendaraan militer lain sejenis. "Program FED merupakan aplikasi yang ideal keahlian Ricardo dalam desain kendaraan lapis baja dan peningkatan efisiensi bahan bakar," ucap dia.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi