Indian Motorcycle Garap Pasar Asia Tenggara  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Selasa, 18 Oktober 2011 14:46 WIB
autoworld.com.my

TEMPO Interaktif, Shah Alam - Produsen sepeda motor tertua di Amerika Serikat, Indian Motorcycle, kini mulai serius menggarap pasar Asia Tenggara. Pabrikan yang didirikan pada 1901 itu menggandeng Harmony Fabulous Sdn Bhd--anak perusahaan Naza World, Malaysia--mulai akhir pekan lalu memasarkan produknya di Malaysia dan Singapura.

"Ada empat model yang dipasarkan Harmony Fabulous Sdn Bhd di Malaysia dan Singapura," demikian bunyi siaran pers Harmony seperti dilansir paultan.org dan autoworld.com.my, Selasa, 18 Oktober 2011.

Keempatnya adalah Chief Blackhawk termasuk versi edisi khusus Chief Blackhawk Dark, kemudian Chief Vintage, Chief Classic, serta Chief Dark Horse. "Semua varian disediakan dengan aksesori tambahan asli dari pabrikan," ujar seorang pejabat Harmony di sela peluncuran yang berlangsung di Shah Alam, Malaysia, itu.

Indian Motorcycle merupakan perusahaan pelopor penggunaan mesin V-Twin. Pabrikan yang berkantor pusat di King's Mountain, North Carolina, Amerika Serikat, itu didirikan pada 1900 oleh dua sekawan Hedstrom dan Oliver Hendee.

Dua orang pembalap motor itu sepakat mendirikan Hendee Manufacturing Company dan mulai meluncurkan prototipe sepeda motor besutannya pada 1901. Motor pertama produksi pabrikan itu menggunakan mesin satu silinder dengan penggunaan desain F-head, yaitu inlet over exhaust yang dipasang di atas rangka sepeda.

Selanjutnya motor Indian V-Twin dengan mesin silinder tunggal 633 cc dibuat pada 1907. Motor tersebut terus disempurnakan, hingga pada 1909 desain dan teknologi motor itu juga digunakan oleh Harley Davidson, saingan terberatnya.

Meski demikian Indian Motorcycle terus mengembangkan produknya. Namun sebagian besar motor produksinya mengusung gaya klasik.

Selama ini motor besutan pabrikan itu hanya diimpor oleh importir secara ritel atau berdasar pesanan pembeli.

ARIF ARIANTO

#Sepeda Motor

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi