Ini Dia Motorhome Termahal di Dunia  
Reporter: Tempo.co
Editor: Tempo.co
Rabu, 19 Oktober 2011 19:50 WIB
Palazzo eleMMent. (daiy mail)

TEMPO Interaktif, Wina - Ingin melakukan segala urusan bisnis, rekreasi, atau bahkan melakukan perjalanan jauh namun tetap serasa di vila atau mansion mewah?  Palazzo eleMMent adalah jawabannya.

Ya. inilah sebuah mobil yang dirancang layaknya sebuah mansion mewah yang berjalan oleh Marchi Mobile, sebuah perusahaan otomotif asal Austria. “eleMMent  yang dirancang untuk mereka yang memiliki kesibukan yang sangat tinggi dilengkapi sederet perlengkapan superior,” demikian bunyi pernyataan pabrikan itu seperti dilansir gizmag.com dan dailymail.co.uk, Rabu, 19 Oktober 2011.

Memang, rumah mewah berjalan yang dirancang oleh Luigi Colani itu mememiliki fasilitas lengkap nan mewah. Interior motorhome mewah itu terdiri dari ruang utama dan ruang tambahan.

Pada ruang utama terdapat sebuah kamar tidur utama dengan kamar mandi dan spa diklaim sekelas dengan suite room hotel bintang lima. Bersebelahan dengan kamar terdapat ruang konferensi dengan enam kursi mewah yang sekaligus bisa memijat.

Ruangan itu juga dilengkapi fasilitas internet mobile, televisi satelit dengan layar sentuh 40 inci, meja kerja, serta kamera video surveillance. Bahkan sebuah perapian penghangat ruangan juga tersedia dan bisa digunakan di saat mobil beristirahat.

Ruang kabin itu juga diklaim leluasa. Sebab  dengan panjang 12,1 meter, luas 66,9 meter persegi serta tinggi 2,5 meter cukup memudahkan orang yang ada di dalamnya mudah bergerak.

Mansion mewah berjalan ini dibangun dengan menggunakan basis sebuah truk DAF XF 105. Namun, Marchi Mobile tak menyebut  besaran kapasitas mesin yang diusung truk itu.

Pabrikan itu hanya menyebut mesin itu dilengkapi dengan turbocharger dan bertenaga hingga 510 daya kuda dan mampu melesat hingga 150 kilometer per jam. Meski berbadan besar dengan sederet fitur yang menyedot arus listrik, namun mobil itu diklaim irit bahan bakar (BBM).

Bahkan Marchi Mobile menyebut konsumsi BBM itu hanya 2,1 kilometer per liter atau lebih irit 20 persen dibanding kendaraan sejenis yang ada saat ini. “Itu berkat desain rancang bangun yang menekankan aspek aerodinamika,” begitu bunyi penjelasan pabrikan itu.

Motorhome yang ditawarkan dalam dua tipe berdasar luas raungan itu dibanderol  1,2 - 1,9 juta pounsterling atau sekitar Rp 16,8 - 26,6 miliar (kurs 1 poundsterling = Rp 14.000). Dengan banderol tersebut Palazzo eleMMent ini disebut-sebut sebagai  motorhome termahal di dunia.

ARIF ARIANTO

#Otomotif

 

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi